Jokowi Optimis Ngantor di IKN Awal Juli, Masih Nunggu Kesediaan Air

Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Rabu, 5/6/2024 saat memberikan keterangan pers | YouTube Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Rabu, 5/6/2024 saat memberikan keterangan pers | YouTube Sekretariat Presiden

FORUM KEADILAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku optimis dapat mulai berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) dalam waktu dekat.

Berdasarkan keterangan, Jokowi akan berkantor sekitar akhir Juni maupun awal Juli 2024. Kepastian berkantor tersebut akan menunggu sarana prasarana inti termasuk ketersediaan air.

Bacaan Lainnya

“Sangat optimistis untuk kantornya. Ini masih nunggu satu, air. Airnya Juli. Juli,” ujar Jokowi dalam keterangannya di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Rabu, 5/6/2024.

Jokowi menjelaskan, pemerintah pada saat ini sedang mempersiapkan sarana prasarana itu. Mengenai ketersediaan air, pihaknya telah meresmikan Bendungan Sepaku, yang bakal mengairi sejumlah permukiman di IKN.

“Airnya juga kemarin sudah kita resmikan dengan Bendungan Sepaku. Tinggal ini menunggu pompa untuk menaikkan air, kemudian dialirkan ke bangunan, rumah-rumah yang ada di Ibu Kota Nusantara,” ┬ájelasnya.

Diketahui, kepastian Presiden berkantor juga sudah disampaikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Basuki Hadimuljono.

Basuki menyatakan bahwa rencana Jokowi yang berkantor di Ibu Kota Nusantara tetap sesuai jadwal (on schedule) setelah Bambang Susantono mengundurkan diri sebagai OIKN.

Ia juga menyebut, Jokowi akan berkantor jika beberapa utilitas telah terpasang termasuk saluran air.

“Insya Allah kalau air sudah masuk (Presiden berkantor di IKN),” ujar Basuki di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Senin, 3/6/2024.

Basuki mengungkapkan, saluran air rencananya sudah terpasang pada Juni 2024 dan pada saat ini pihaknya tengah mengambil dan menyiapkan pompa-pompanya.

“Sekarang lagi diambil pompanya. Tanggal 7 Juni sampai di Balikpapan kita instal, 7 juni, ini tanggal 3 Juni diambil, 7 Juni air sampai di Balikpapan, diinstal. Mudah-mudahan akhir juni atau awal Juli (sudah jadi),” jelas Basuki.*