Febri Diansyah Hingga GM Radio Prambors Hadir Jadi Saksi Sidang SYL

Sidang lanjutan kasus dugaan pemerasan dan gratifikasi dengan terdakwa eks SYL di Pengadilan Negeri Tipikor, Jakarta Pusat, Senin 3/6/2024.I Merinda Faradianti
Sidang lanjutan kasus dugaan pemerasan dan gratifikasi dengan terdakwa eks SYL di Pengadilan Negeri Tipikor, Jakarta Pusat, Senin 3/6/2024.I Merinda Faradianti

FORUM KEADILAN – Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menghadirkan empat saksi dalam sidang lanjutan kasus pemerasan dan gratifikasi dengan terdakwa mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL).

Keempat saksi tersebut adalah mantan Juru Bicara KPK Febri Diansyah, General Manager (GM) Media Radio Prambors atau PT Bayureksha, Dhirgaraya S Santo, serta Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan, Dedi Nursyamsi.

Bacaan Lainnya

Dihadirkan juga Kepala Rumah Tangga Rumah Dinas (Karumga Rumdin) Mentan era SYL, Sugiyatno dan Staf TU Direktorat Alat dan Mesin Pertanian, Yusgie Sevyahasna dalam sidang tersebut.

“Untuk mengungkap dan mempertajam aliran uang dari terdakwa Syahrul Yasin Limpo dan kawan-kawan. Tim Jaksa akan hadirkan saksi-saksi, Febri Diansyah (advokat/managing Partner Visi Law Office),” kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri, Senin, 3/6/2024.

Seperti diketahui, SYL didakwa melakukan pemerasan dan menerima gratifikasi dengan total Rp44,5 miliar. Selain membayar gaji pembantu, para pejabat Kementan juga harus patungan untuk memenuhi berbagai kebutuhan SYL lainnya.

Sejumlah saksi telah dihadirkan. SYL dituding menerima sejumlah uang tersebut dari patungan pejabat eselon I dan sebesar 20 persen dari anggaran masing-masing Sekretariat, Direktorat, dan Badan pada Kementan lainnya.*

Laporan Merinda Faradianti