Awas! Hindari Sikat Gigi Setelah Lakukan 3 Hal Ini

Ilustrasi sikat gigi
Ilustrasi sikat gigi | ist

FORUM KEADILAN – Menyikat gigi dapat melindungi dan menjaga gigi kamu dari bakteri yang dapat membahayakan gigi. Namun, kamu tidak dianjurkan menyikat gigi setelah melakukan tiga hal berikut ini.

Apa saja? Simak ulasannya.

Bacaan Lainnya

1. Sikat Gigi Setelah Selesai Makan

Kamu tidak dianjurkan menyikat gigi setelah makan, karena suasana mulutmu akan menjadi asam.

Jika kamu menyikat gigi setelah makan, yang akan kamu sikat adalah enamel gigi yang sedang melemah. Asam dari makanan dan minuman akan mengikis enamel, termasuk lapisan di bawahnya yang disebut dentin.

Hal ini akan menyebabkan demineralisasi gigi, yang mempercepat proses kerusakan gigi seperti gigi berlubang. Demineralisasi merupakan proses hilangnya berbagai ion mineral dari enamel gigi, yang mempunyai kandungan utama berupa kristal hidroksiapatit (HA) yang terdiri dari Ca10(PO4)6(OH)2.

2. Sikat Gigi Setelah muntah

Muntah memiliki pH yang sangat rendah atau bersifat asam, yang dapat mengakibatkan gigi kamu melemah dan memperburuk kondisi gigi. Jadi, jangan menyikat gigi setelah muntah.

3. Sikat Gigi Setelah Minum Kopi

Kopi merupakan cairan yang sangat asam. Kamu tidak boleh menyikat gigimu setelah meminum kopi, karena menyebabkan sensitivitas serta gigi berlubang.

Mengutip Instagram @drg_irma, Jumat, 24/5/2024, waktu yang tepat untuk menyikat gigi setelah melakukan tiga hal di atas adalah kamu harus menunggu 20-30 menit. Setelah itu, kamu boleh menyikat gigi agar kesehatan gigi dan mulutmu tetap terjaga.

Jadi, menyikat gigi tidak dapat sembarang dilakukan, ya, dan ideal-nya menyikat gigi sebanyak dua kali. Semoga bermanfaat.*

Laporan Amanah Suci