Penting Bagi Tubuh, Ini 6 Cara Menjaga Kebersihan Gigi dan Mulut

6 cara menjaga kesehatan gigi dan mulut
6 cara menjaga kesehatan gigi dan mulut | Mountain Aire Dentistry

FORUM KEADILAN – Kurangnya kesadaran dan suka menyepelekan pentingnya merawat gigi masih menjadi masalah banyak orang.

Padahal, beragam masalah gigi dan mulut bisa terjadi. Seperti gigi bolong, gusi berdarah dan bau mulut.

Hal ini harus dihindari lantaran gigi dan mulut yang sehat tidak hanya dapat menumbuhkan kepercayaan diri namun juga berdampak besar terhadap kesehatan tubuh Anda.

Jadi, menjaga dan merawat kesehatan gigi dan mulut dengan benar sejak dini menjadi hal yang penting.

Nah, berikut beberapa tips cara menjaga kesehatan gigi dan mulut. Apa saja?

  1. Menyikat Gigi Dua Kali Sehari

Rutinitas menyikat gigi dua kali sehari dilakukan pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur bertujuan untuk membersihkan sisa-sisa makanan, minuman yang tertinggal di gigi yang bisa menimbulkan bakteri dan penumpukan plak jika tidak disikat.

Perlu diperhatikan juga agar jangan lupa untuk membersihkan makanan yang terselip di sela-sela gigi yang susah dijangkau dengan menggunakan dental floss atau benang gigi.

  1. Memilih sikat gigi yang tepat

Menggunakan sikat gigi dengan bulu yang keras dapat meningkatkan risiko pengikisan email gigi yang merupakan lapisan untuk melindungi gigi dari kerusakan dan sensitivitas.

Sangat dianjurkan menggunakan sikat gigi rekomendasi dari dokter gigi atau ahli.

  1. Menggunakan pasta gigi mengandung fluoride

Terdapat beberapa jenis pasta gigi yang bisa gunakan sesuai kebutuhan Anda, salah satu nya adalah pasta gigi dengan kandungan bahan aktif flouride.

Flouride adalah bahan mineral penting yang dapat mencegah kerusakan gigi seperti lubang atau karies dan memperkuat lapisan email gigi, lapisan terluar dan terkeras dari gigi.

  1. Menggunakan obat kumur

Mempunyai masalah bau mulut membuat kepercayaan diri turun? itu menandakan ada nya bakteri di mulut. salah satu solusi untuk mengurangi bau mulut adalah dengan menggunakan obat kumur setelah sikat gigi.

Diketahui berkumur dengan obat kumur mengandung bahan aktif antimikroba yang mampu mengurangi pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut dan juga mengurangi pembentukan plak pada gigi. Obat kumur memang pilihan opsional dan direkomendasikan untuk tidak digunakan secara terus menerus, tetapi boleh digunakan satu kali dalam sehari.

Jika tidak mempunyai obat kumur bisa juga digantikan dengan larutan air garam yang juga memiliki fungsi yang sama dengan obat kumur kandungan.

  1. Minum air putih dan membatasi makanan manis

Rutin mengkonsumsi air putih sangat efektif menjaga kesehatan tubuh dan dapat menjaga mulut kering yang sering menyebabkan gangguan mulut seperti kerusakan gigi dan bau mulut. Meminum air putih setelah makan membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi dan tertinggal di mulut.

Terlalu banyak memakan makanan manis yang berlebihan dapat menyebabkan gigi berlubang karena makanan manis memproduksi asam yang bisa merusak lapisan enamel gigi secara bertahap.

Bagi penyuka makanan manis terutama anak-anak wajib untuk mengkonsumsi air putih dan menggosok gigi sebelum tidur di malam hari.

  1. Rutin memeriksakan gigi ke dokter gigi

Menyikat gigi secara rutin dan membersihkan dengan menggunakan dental floss tidaklah cukup, dengan mengunjungi dokter gigi selain untuk mengobati permasalahan gigi tetapi juga memeriksa gigi dan mulut untuk mengatisipasi adanya gejala kerusakan pada gigi dan mulut.

Melakukan scaling untuk menghilangkan karang gigi merupakan cara untuk merawat gigi.

Karang gigi terbentuk akibat penumpukan plak hasil dari sisa makanan yang tertinggal dan mengeras di gigi, jika tidak ditanganani, karang gigi akan menyebabkan radang gusi atau gingivitis.

Proses penanganan karang gigi tidak cukup dengan menyikat gigi saja tapi harus dilakukan oleh dokter gigi dan kegiatan scaling harus dilakukan enam bulan sekali.

Itulah 6 tips menjaga gigi dan mulut, semoga bermanfaat Sobat Forum!

 

Laporan Michelle Angella