Retno Marsudi Ucapkan Dukacita Terkait Tewasnya Presiden dan Menlu Iran

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno LP Marsudi dan Menlu Iran Hossein Amirabdollahian | X/Twitter @Menlu_RI
Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno LP Marsudi dan Menlu Iran Hossein Amirabdollahian | X/Twitter @Menlu_RI

FORUM KEADILAN – Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno LP Marsudi mengucapkan berbelasungkawa atas peristiwa tewasnya Presiden Iran Ebrahim Raisi dan Menlu Iran Hossein Amirabdollahian dalam insiden kecelakaan helikopter di wilayah pegunungan Azerbaijan Timur, pada Minggu, 19/5/2024.

“Innalilahi wainnailaihi raji’un. Saya sangat berduka atas meninggalnya Presiden Ebrahim Raisi dan teman baik saya, Menlu Iran Hossein Amirabdollahian, dengan delegasi yang menyertai Presiden Iran,” tulis Retno lewat akun X miliknya , Senin, 20/5/2024.

Bacaan Lainnya

Retno memasang foto kenangan ketiak ia bersama dengan Menlu Amirabdollahian dan terlihat keduanya tersenyum dan berbincang dalam ruangan.

Ia juga mengenang pertemuan terakhir dengan Amirabdollahiansaat di Forum Organisasi Kerja Sama Islam (OKI/OIC) di Banjul, Gambia, dua pekan lalu.

“Dia adalah rekan yang baik dan kami selalu mengadakan pertemuan di sela-sela sejumlah pertemuan. Semoga Almarhum beristirahat dengan tenang,” tulisnya.

Retno menyampaikan doa dan belasungkawa untuk keluarga yang ditinggalkan dari peristiwa di Iran, pada Minggu, 19/5 kemarin.

Diketahui, dari insiden kecelakaan ini tidak ada korban yang selamat.

Berdasarkan AFP dan Associated Press, operasi pencarian sudah berakhir setalah semua jenazah dari peristiwa jatuhnya helikopter sudah ditemukan.

Bulan Sabit Merah Iran sudah menemukan jenazah Presiden Raisi dan para pejabat lainnya.

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim juga sudah menyampaikan ucapan dukacita. Presiden Suriah Bashar Al Assad pun menyatakan solidaritasnya atas peristiwa itu.

Perdana Menteri India Narendra Modi menyatakan kesedihannya dan terkejut mendengar kematian tragis dari Presiden Iran dan Menlu Iran tersebut. PM Irak Mohammed Shia Al Sudani beserta Presiden Venezuela Nicolas Maduro juga turut menyampaikan duka citanya.*