KPK Hadirkan 7 Pegawai Kementan di Sidang SYL

Eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Senin 20/5/2024. I Merinda Faradianti/Forum Keadilan
Eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Senin 20/5/2024. I Merinda Faradianti/Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat kembali menggelar sidang lanjutan dugaan pemerasan dan gratifikasi di lingkungan Kementerian Pertanian (Kementan), Senin, 20/5/2024.

Eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), eks Sekjen Kementan Kasdi Subagyono, dan eks Direktur Alat dan Mesin Kementan Muhammmad Hatta duduk sebagai terdakwa dalam sidang tersebut.

Bacaan Lainnya

Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menghadirkan tujuh pegawai Kementan sebagai saksi di sidang ini. Kepala Bidang (Kabag) Pemberitaan KPK Ali Fikri menyebut, saksi tersebut berasal dari pegawai di Kementan.

“Persidangan dengan Terdakwa Syahrul Yasin Limpo dan kawan-kawan, Tim Jaksa akan hadirkan saksi-saksi yakni Andi Nur Alamsyah, Dedi Nusyamsi, Siti Munifah, RR Nina Murdiana, Sugiarti, Lucy Anggraini, dan Wisnu Haryana,” kata Ali dalam keterangannya, Senin, 20/5.

Saksi tersebut merupakan Dirjen Perkebunan, Kaban dan Seskaban PPSDMP. Kemudian, Ketua kelompok substansi keuangan & Barang Milik Negara BPPSDMP, Kabag Keuangan Badan Ketahanan Pangan. Lalu, Kepala Fungsional Perencanaan Muda pada Badan Karantina dan Sekretaris Badan Karantina.

Seperti diketahui, Seperti diketahui, SYL didakwa melakukan pemerasan dan menerima gratifikasi dengan total Rp 44,5 miliar. Selain membayar gaji pembantu, para pejabat Kementan juga harus patungan untuk memenuhi berbagai kebutuhan SYL lainnya.

Pada pekan lalu, Jaksa KPK juga telah menghadirkan lima pejabat Kementerian Pertanian (Kementan) sebagai saksi dalam sidang lanjutan dugaan pemerasan yang dilakukan oleh eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Kelima pejabat Kementan tersebut adalah Dirjen Tanaman Pangan Kementan Suwandi, Dirjen Horti Kementan Prihasto Setyanto, dan Kabag Umum Dirjen Horti Kementan Andi Muhammad Idil Fitri.

Kemudian, Kabag Umum Dirjen Tanaman Pangan Kementan Edi Eko Sasmito dan Sesditjen Tanaman Pangan Kementan Bambang Pamuji.*

Laporan Merinda Faradianti