Tito Sebut Pj Gubernur dari Kemendagri Belum Berniat Maju Pilkada: Mau Profesional

Mendagri Tito Karnavian saat berbicara ke awak media di gedung KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu 20/4/2024. I Ari Kurniansyah/Forum Keadilan
Mendagri Tito Karnavian saat berbicara ke awak media di gedung KPU RI, Jakarta Pusat, Rabu 20/4/2024. I Ari Kurniansyah/Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyebut, belum ada niat dari penjabat (Pj) gubernur yang dilantik Kemendagri untuk maju Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Kata Tito, mereka akan berkarier secara profesional.

“(Pj yang mau maju Pilkada 2024) Sampai saat ini belum ada. Dari Kemendagri ini saya tunggu, saya tanya nggak ada. Mereka mau berkarier profesional di pemerintah pusat,” ujar Tito di gedung Kemendagri, Jakarta Pusat, Jumat, 17/5/2024.

Bacaan Lainnya

Meski begitu, Tito menekankan bahwa Kemendagri tak melarang hak politik seseorang, termasuk para Pj gubernur.

“Tapi saya tak melarang hak untuk dipilih. Tapi, kalau sejauh ini saya ngobrol dari Kemendagri belum ada yang berniat dan berminat,” kata dia.

Sebelumnya, Mendagri Tito Karnavian melantik lima Pj gubernur di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Jumat, 17/5.

Lima Pj itu akan bertugas di Maluku Utara (Malut), Banten, Sulawesi Barat (Sulbar), Gorontalo, dan Sulawesi Selatan (Sulsel).

Berikut nama Pj Gubernur yang dilantik:

  1. Dr Samsudin Pj Gubernur Maluku Utara
  2. Al Muktabar Pj Gubernur Banten
  3. Muhammad Rudy Salahuddin Pj Gubernur Gorontalo
  4. Bahtiar Pj Gubenur Sulawesi Barat
  5. Zudan Arif Pj Gubenur Sulawesi Selatan.*