PDIP Masih Cermati Beberapa Nama yang akan Maju di Pilkada Jakarta

Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto.
Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto. | Ist

FORUM KEADILAN – Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan bahwa partainya masih mencermati beberapa nama yang bakal diusung dalam Pilkada DKI Jakarta 2024.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Hasto ketika menanggapi pertanyaan terkait peluang PDIP mengusung dua eks Gubernur DKI Jakarta yaitu Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Anies Baswedan sebagai calon gubernur-calon wakil gubernur (cagub-cawagub).

Bacaan Lainnya

“Nama-nama akan tersaring sesuai dengan usulan dari daerah-daerah yang mohon maaf belum kami sebut karena masih melakukan proses pencermatan,” tuturnya di Jalan Teuku Umar Nomor 9, Menteng, Jakarta, Senin, 6/5/2024 malam.

Hasto pun tidak membantah terkait dua nama tersebut diusulkan oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP.

Ia menyebut, saat ini proses penjaringan cagub dan cawagub yang bakal diusung oleh PDIP masih dilakukan di tingkat provinsi.

“Nama-nama terkait siapa yang jadi calon gubernur di wilayah-wilayah yang menjadi sorotan publik, seperti Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Utara, kemudian Jawa Tengah, Bali, Sulawesi Utara, termasuk Papua dan Aceh terus dilakukan pencermatan,” jelasnya.

Diketahui sebelumnya, PDIP sudah menyiapkan beberapa nama untuk Pilkada DKI Jakarta mendatang dan beberapa di antaranya eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, eks Panglima TNI Andika Perkasa, Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Di sisi lain, Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem Surya Paloh mengatakan partainya tidak menutup kemungkinan untuk mencalonkan Anies Baswedan untuk kembali bertarung pada Pilkada DKI Jakarta.

Tetapi, Anies mengaku belum memikirkan rencana maju pada Pilkada DKI Jakarta setelah ia kalah pada Pilpres 2024. Ia mengungkapkan ingin rehat sejenak.

“Nanti kita lihat, sekarang kita rehat dulu,” ujar Anies saat di kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Sabtu, 27/4/2024.*