Anies Tak Merasa Ditinggalkan PKB dan NasDem: Kita Masih Jalan Sama-sama

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar saat konferensi pers usai pembubaran Timnas AMIN, di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa, 30/4/2024 | M. Hafid/Forum Keadilan
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar saat konferensi pers usai pembubaran Timnas AMIN, di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa, 30/4/2024 | M. Hafid/Forum Keadilan

FORUM KEADILANAnies Baswedan menanggapi dua partai pengusungnya pada Pilpres 2024, yakni NasDem dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), yang sudah merapat ke kubu Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Menurut Anies, dirinya tak merasa ditinggalkan oleh partai pengusungnya. Sebab, lanjut dia, sampai saat ini mereka masih terus bersama.

Bacaan Lainnya

“Kita masih jalan sama-sama terus. Masih jalan sama-sama terus,” kata Anies di kediamannya, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa, 30/4/2024.

Anies mengatakan, perbedaan pandangan tidak lantas menutup ruang komunikasi, begitu juga saat menjalin komunikasi tidak lantas terdapat kesamaan.

Anies pun mengungkapkan dirinya sempat dipertanyakan oleh beberapa pihak karena hadir saat penetapan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo-Gibran oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Namun dia menegaskan bahwa hanya ingin bernegara dan berpolitik dengan cara yang terhormat.

“Cuma karena ada pengalaman yang cukup panjang dimana berbeda, tak berdialog maka ketika ada dialog itu seakan-akan terjadi persamaan,” ujarnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan bahwa para pendiri bangsa juga memiliki pemikiran yang berbeda-beda, tapi dialog di antara mereka tetap terjalin.

“Nah kita harus membiasakan bahwa duduk satu meja berdialog walaupun berbeda itu normal. Jangan kalau duduk semeja diartikan sama semua, karena pengalaman beberapa tahun ini minim dialog. Jadi kalau ada dialog harus sama, kalau enggak sama enggak diajak dialog,” pungkasnya.

Sebelumnya, PKB menyatakan untuk bergabung dengan pemerintahan Prabowo-Gibran usai KPU menetapkan Prabowo-Gibran sebagai pemenang Pilpres 2024.

Sama dengan PKB, NasDem juga turut bergabung ke Prabowo-Gibran setelah para petinggi NasDem berkunjung ke kediaman Prabowo di Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Kamis, 25/4/2024.

Kedua partai yang mulanya tergabung dalam koalisi perubahan itu siap menjalin kerja sama dengan Prabowo-Gibran, baik di legislatif maupun di eksekutif.

Laporan M. Hafid