Jokowi Siapkan Transisi ke Pemerintahan Baru Setelah Penetapan KPU Besok

Keterangan Pers Presiden Jokowi di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, Selasa, 23/4/2024 | YouTube Sekretariat Presiden
Keterangan Pers Presiden Jokowi di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, Selasa, 23/4/2024 | YouTube Sekretariat Presiden

FORUM KEADILAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyiapkan transisi Kabinet Indonesia Maju (KIM) ke pemerintahan selanjutnya untuk mengikuti putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 yang menolak terkait gugatan Anies-Ganjar, pada Senin, 22/4/2024 kemarin.

Ia menyatakan bahwa dirinya menghormati putusan MK yang bersifat final dan mengikat.

Bacaan Lainnya

Diberitakan, dalam sidang putusan tersebut, MK menolak seluruh gugatan hasil Pilpres 2024 yang diajukan oleh Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud.

“Ya pemerintah menghormati putusan MK yang final dan mengikat dan pertimbangan hukum dari putusan MK yang juga menyatakan bahwa tuduhan-tuduhan kepada pemerintah seperti kecurangan, intervensi aparat, kemudian apalagi? Politisasi bansos, kemudian mobilisasi aparat, ketidaknetralan kepala daerah telah dinyatakan tidak terbukti. Ini yang penting bagi pemerintah ini.” ujar Jokowi.

Oleh karena itu, Jokowi meminta agar momentum pasca Pemilu 2024 dapat menjadi faktor pendorong persatuan segala pihak.

“Dan menurut saya ini saatnya kita bersatu, karena faktor eksternal, geopolitik betul-betul menekan ke semua negara. Saatnya bersatu, bekerja membangun negara kita.” lanjutnya.

Diketahui, KPU bakal menetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih pada 24 April 2024 mendatang.

“Dan pemerintah mendukung proses transisi dari pemerintahan sekarang ke nanti pemerintahan baru, akan kita siapkan karena sekarang MK sudah, tinggal nanti penetapan oleh KPU, besok ya” pungkas.*