Jokowi Resmikan 147 Fasilitas Kesehatan, Sekolah dan 3 Ruas Jalan Daerah di Sulbar

Presiden Jokowi meresmikan 147 bangunan berupa fasilitas kesehatan hingga sekolah yang sudah direhabilitasi di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, Selasa, 23/4/2024 | Dok Web - Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi meresmikan 147 bangunan berupa fasilitas kesehatan hingga sekolah yang sudah direhabilitasi di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, Selasa, 23/4/2024 | Dok Web - Sekretariat Presiden

FORUM KEADILAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan 147 bangunan berupa fasilitas kesehatan hingga sekolah yang sudah direhabilitasi di Mamuju, Sulawesi Barat, Selasa, 23/4/2024.

Jokowi juga meresmikan 3 ruas jalan daerah sepanjang 22,4 kilometer yang merupakan bagian dari penanganan jalan daerah yang sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Jalan Daerah tahun 2023.

Bacaan Lainnya

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada pagi hari ini saya resmikan rehabilitasi dan rekonstruksi infrastruktur pasca bencana gempa di Sulawesi Barat dan pelaksanaan Inpres Jalan Daerah di Sulawesi Barat,” ucap Jokowi dalam peresmian di Mamuju, Selasa, 23/4/2024.

Ia menyampaikan bahwa rehabilitasi dan rekonstruksi infrastruktur yang dibangun di Sulawesi Barat (Sulbar) adalah instruksi dan perintah langsung darinya pada gempa yang lalu. Jokowi bersyukur instruksi yang disampaikan mampu diselesaikan dengan baik.

“Ini dibangun, ini dibangun, ini dibangun. Saya lihat tadi alhamdulillah sudah selesai, hanya kurang gedung DPRD dan satu masjid,” tuturnya.

Diketahui, anggaran yang sudah dikeluarkan untuk pembangunan ini telah mencapai Rp1,31 triliun.

Rinciannya, 147 bangunan meliputi, 47 bangunan perkantoran, 29 fasilitas kesehatan, 43 fasilitas pendidikan termasuk di SMK 1 Rangas, 1 gedung peribadatan, 1 fasilitas olahraga, 7 rumah susun, 2 rumah adat, dan 17 prasarana air minum.

Jokowi menyatakan terkait SMK Rangas akan dibangun asrama sebagai fasilitas tambahan yang dibutuhkan dan pembangunan tersebut dilakukan setelah ia menerima pengaduan dari Kepala Sekolah.

“Tadi Pak Kepala Sekolah menyampaikan ke saya, ‘Pak, ini masih kurang. Anak-anak butuh asrama karena banyak yang tinggal jauh dari sekolah, sehingga harus banyak yang tersebar ngekos di sekitar sekolah,’. (Saya jawab), ya nanti entar lagi akan kita bangun asramanya atas permintaan kepala sekolah, Ibu Bupati, dan juga Pak Gubernur,” jelas Jokowi.

Diberitakan, Jokowi melakukan kunjungan kerja (kunker) sejak Senin, 22/4/2924. Setelah meresmikan beberapa infrastruktur di Gorontalo, ia berkunjung ke Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) untuk hal serupa.*