Bos Apple Bertemu Jokowi, Menperin Sebut Pemerintah Dorong Bangun Pabrik di Indonesia

CEO Apple Tim Cook bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, pada Rabu, 17/4/2024. | Youtube Sekretariat Presiden
CEO Apple Tim Cook bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, pada Rabu, 17/4/2024. | Youtube Sekretariat Presiden

FORUM KEADILAN – Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa pemerintah untuk mendorong agar Apple mau membangun pabrik di Indonesia.

Hal tersebut menjadi salah satu pembahasan saat CEO Apple Tim Cook bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, pada Rabu, 17/4/2024.

Bacaan Lainnya

Karena menurutnya, pada saat ini Indonesia mempunyai kemampuan untuk menyediakan komponen perakitan untuk handphone Apple.

“Bahwa sebetulnya komponen-komponen handphone itu sudah siap ada di Indonesia. Baterainya, kabelnya dan lain-lain itu kami akan coba business matching dengan Apple, apakah mereka bisa menggunakan produk-produk dari dalam negeri yang sebetulnya kita sudah siap, sudah siap,” kata Agus di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 17/4/2024.

Di sisi lain, saat ini Apple mempunyai pendekatan unik dalam berinvestasi di Indonesia, yaitu membangun infrastruktur pendidikan bagi calon-calon developer (Apple Developer Academy).

“Nah ini sudah dalam perjanjian kita yang sudah kita tanda tangani, Apple mempunyai kewajiban untuk membangun empat (akademi) tahun ini dan mereka sudah memberikan komitmen kemarin sudah ada statement dari Apple akan dibangun di Bali,” jelas Agus.

“Dan sudah ada dua fasilitas kemungkinan jadi tempat Apple Developer Academy salah satunya adalah milik Kemenperin Balai yang ada di Bali. Nah itu nilai total investasinya sekitar Rp 1,6 triliun dari keempat kota,” lanjut Agus.

Diketahui, pada Rabu pagi ini, Agus Gumiwang bersama dengan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan CEO Apple Tim Cook di Istana Merdeka, Jakarta.*