Menlu Retno Tegaskan Indonesia Tolak Normalisasi Hubungan dengan Israel

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. | Ist

FORUM KEADILAN – Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi dengan tegas menolak normalisasi hubungan antara Indonesia dan Israel. Retno menegaskan, posisi Indonesia tetap tidak berubah hingga saat ini.

“Itu biasa di dalam dunia internasional, harapan dan tekanan. Tapi sejauh ini posisi kita tetap no,” ujar Retno saat ditanya soal isu normalisasi hubungan antara Indonesia dengan Israel di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa, 16/4/2024.

Bacaan Lainnya

Menurut Retno, selalu ada pihak-pihak yang mengatakan bahwa sudah waktunya bagi Indonesia melakukan normalisasi dengan Israel. Namun, dia menegaskan bahwa Indonesia tetap tidak terpengaruh oleh tekanan tersebut.

“Buat kita, posisi kita jelas seperti yang saya sampaikan (menolak normalisasi Indonesia-Israel),” tegas Retno.

Sementara itu, terkait eskalasi antara Iran dan Israel, Retno menyatakan bahwa Indonesia berupaya untuk menjadi penengah. Salah satu upayanya, tambahnya, adalah dengan berkomunikasi dengan negara adidaya seperti Amerika Serikat.

“Jadi Amerika, selain kita bertukar message, tadi pagi kita juga ada pembicaraan telepon kita lakukan karena kita tahu bahwa Amerika Serikat punya peran yang sangat besar untuk dapat menggunakan pengaruhnya agar deeskalasi terjadi, dan tadi saya sampaikan langsung bahwa ‘Anda punya pengaruh besar, dan tolong gunakan pengaruh tersebut’,” imbuhnya.*