Pemerintah Resmi Beri Izin ASN WFH 16-17 April

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Indonesia Muhadjir Effendy
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Indonesia Muhadjir Effendy | ist

FORUM KEADILAN – Pemerintah resmi memberikan izin untuk aparatur sipil negara (ASN) untuk bekerja dari rumah atau work from home (WFH) pada 16-17 April 2024.

Pemerintah juga mengimbau ASN yang mudik untuk tidak pulang saat masa puncak arus mudik Lebaran yang jatuh pada 15 April.

Bacaan Lainnya

“Jadi WFH itu kan diberlakukan dua hari itu Hari Selasa dan Rabu. Itu untuk ASN,” ujar Menko PMK Muhadjir Effendy di Tol Kalikangkung, Jawa Tengah, Sabtu, 13/4/2024.

Hal ini diberikan kepada ASN agar dapat menunda jadwal perjalanan pulang dari kampung dan Muhadjir menekankan bahwa ASN wajib kembali bekerja dari kantor pada 18 dan 19 April 2024.

“Kamis, Jumat masuk. Hanya diberi kesempatan WFH dua hari, Selasa dan Rabu,” ucap Muhadjir.

Di sisi lain, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut bahwa usulannya mengenai penambahan dua hari ASN saat arus balik Lebaran ini telah disetujui oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Karena itu, ASN yang mudik diminta untuk dapat menunda kepulangannya.

“Baru saja menerima WA (WhatsApp) dari Pak Menpan RB bahwa WFH dua hari disetujui,” tutur Budi.

Budi menjelaskan, pemberian dua hari waktu WFH disebabkan arus volume kendaraan saat puncak arus balik atau hari terakhir cuti bersama Lebaran diprediksi masih tinggi.

“Jadi kita tidak mau ada risiko terjadinya kemacetan tapi di sisi lain kalaupun nanti lancar, jaga kecepatan,” pungkas Budi.*