5 Tips Perawatan Mobil Setelah Mudik

Ilustrasi Mobil Volkswagen
Ilustrasi Mobil Volkswagen | ist

FORUM KEADILAN – Perawatan mobil menjadi salah satu hal penting untuk dilakukan usai mudik. Hal ini agar mobil tetap dalam kondisi optimal dan siap digunakan kembali dalam kegiatan sehari-hari.

Berikut lima tips perawatan mobil setelah mudik.

Bacaan Lainnya

1. Cek Sistem Pendingin dan Mesin

Setelah perjalanan jauh, penting untuk memeriksa sistem pendingin mobil seperti radiator dan kipas pendingin. Pastikan cairan pendingin berada pada level yang tepat dan tidak ada kebocoran.

Lakukan juga pemeriksaan pada mesin untuk memastikan tidak ada masalah, seperti suara aneh atau bau tak biasa yang dapat mengindikasikan masalah pada mesin.

2. Periksa Sistem Kelistrikan

Hal yang mesti diperiksa selanjutnya adalah sistem kelistrikan mobil. Pastikan semua lampu, klakson, wiper, dan fitur kelistrikan lainnya berfungsi dengan baik.

Periksa juga kondisi aki mobil serta pastikan kabel-kabel terhubung dengan baik dan tidak ada tanda-tanda korosi pada terminal aki.

3. Ganti Oli dan Filter Udara

Perjalanan jauh selama mudik dapat mengakibatkan pemakaian oli mesin lebih cepat dari biasanya. Untuk itu, segera lakukan penggantian oli mesin dan filter udara setelah mudik.

Pastikan menggunakan oli mesin yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan mobil Anda untuk menjaga performa mesin mobil tetap optimal.

4. Periksa Sistem Rem dan Ban

Sistem rem yang baik penting untuk keselamatan berkendara. Periksa kondisi rem mobil Anda, termasuk ketebalan kampas rem dan cairan rem.

Selain itu, periksa juga tekanan dan keausan pada ban mobil. Pastikan tekanan udara ban sesuai dengan rekomendasi pabrikan untuk menghindari kecelakaan akibat ban kempes atau kebocoran.

5. Bersihkan Interior dan Eksterior Mobil

Setelah perjalanan mudik, mobil biasanya akan kotor karena debu, kotoran, dan bekas makanan. Bersihkan interior mobil dari debu dan kotoran dengan menyedot dan membersihkan karpet, jok, dan panel interior lainnya.

Anda juga perlu mencuci mobil secara menyeluruh untuk membersihkan kotoran dan debu pada eksterior mobil, termasuk bagian bawah mobil yang rentan terkena kotoran saat perjalanan.

Dengan melakukan perawatan mobil secara berkala serta menyeluruh, Anda dapat memastikan mobil tetap dalam kondisi prima dan siap digunakan kembali dalam aktivitas sehari-hari.

Perawatan yang baik juga dapat memperpanjang umur pakai mobil Anda dan mengurangi risiko kerusakan atau kecelakaan saat berkendara.*