BMKG Prediksi Cuaca Hujan Ringan-Sedang saat Mudik Lebaran 2024

Ilustrasi musim hujan
Ilustrasi musim hujan | AGTVnews.com

FORUM KEADILAN – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi pelaksanaan mudik Lebaran 2024 akan diwarnai dengan hujan intensitas ringan hingga sedang.

“Secara umum tanggal 3-9 April wilayah Indonesia berpotensi mengalami curah hujan dari ringan hingga sedang,” ujar Ketua BMKG Dwikorita Karnawati saat rapat bersama Komisi V DPR RI di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 2/4/2024.

Bacaan Lainnya

Dwikorita mengatakan, pada hari H Lebaran atau 10 April 2024 hingga satu minggu setelahnya, cuaca cerah berawan. Sementara, dua minggu setelah Lebaran hujan intensitas ringan hingga sedang.

“Kemudian 10-16 April itu cerah hingga cerah berawan. Kemudian pada periode 17-23 April itu intensitasnya ringan hingga sedang,” jelasnya.

Dwikorita juga menjelaskan sejumlah wilayah yang berpotensi mengalami hujan, yaitu Sumatra Barat, Bengkulu, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Papua.

Sementara itu, sepekan saat Hari Raya Idul Fitri, wilayah yang harus diperhatikan adalah Kalimantan Barat.

“Kemudian sepekan saat Lebaran ini yang selalu ada, yang selalu diperhatikan Kalimantan Barat. Baik sebelum, saat, atau setelah, barat Kalbar selalu biru, yaitu hujannya sedang,” kata dia.

Dwikorita mengingatkan, hujan dengan intensitas sedang tetap dapat menyebabkan banjir atau genangan air. Sebab, jelas dia, sejumlah wilayah cukup sensitif banjir karena adanya sungai.

“Namun maupun hujan intensitas sedang dapat menimbulkan permasalahan banjir ataupun genangan karena memang kondisi alamnya di situ juga ada pertemuan sungai yang membuat lebih sensitif alami banjir meskipun tidak hujan lebat,” ujarnya.*