Biografi Singkat Coco Chanel: Ikon Fesyen Dunia

Gabrielle Bonheur Chanel (Coco Chanel) | Ist
Gabrielle Bonheur Chanel (Coco Chanel) | Ist

FORUM KEADILAN – Siapa yang tidak mengenal brand ternama Chanel. Hampir semua orang mengenal brand mewah dan elegan ini.

Chanel tidak hanya membuat pakaian, tetapi juga membuat parfum, tas hingga perhiasan. Tetapi tahu kah kamu mengenai latar belakang dari Coco Chanel?

Seorang designer wanita yang sangat berbakat yang mampu membuat Chanel sukses hingga pada saat ini.

Gabrielle Bonheur Chanel atau yang sering dikenal sebagai Coco Chanel lahir pada 19 Agustus 1883 di Saumur, Prancis. Dia dibesarkan di lingkungan yang kurang mampu dan ditempatkan di panti asuhan setelah ibunya meninggal dan ia mulai belajar menjahit ketika berada di panti asuhan.

Chanel memulai karirnya sebagai seorang penyanyi di klub malam, tetapi kemudian beralih ke desain pakaian. Pada awal 1900-an, dia membuka butik di Paris dan segera menjadi terkenal dengan desainnya yang inovatif dan fungsional.

Kemudian, Chanel dikenal karena menciptakan gaya yang revolusioner, seperti rok pendek, pakaian kasual untuk wanita, dan tas tangan dengan rantai panjang. Dia juga mengubah pandangan tentang kecantikan wanita dengan memperkenalkan busana yang nyaman dan fungsional. Chanel memainkan peran yang penting dalam transformasi mode wanita pada abad ke-20. Dia menghilangkan konsep korset dan memperkenalkan pakaian yang lebih longgar dan nyaman, yang kemudian menjadi standar gaya.

Gabrielle Bonheur Chanel (Coco Chanel) | Ist
Gabrielle Bonheur Chanel (Coco Chanel) | Ist

Coco Chanel mendirikan sebuah merek Chanel pada awal abad ke-20. Dia membuka butik pertamanya di Rue Cambon di Paris pada tahun 1910, yang menjadi cikal bakal dari merek fashion ikonik ini.

Ia dikenal karena inovasinya dalam dunia fashion, termasuk pengenalan busana kasual untuk wanita, penggunaan jersey dalam desain haute couture, dan menciptakan parfum terkenal Chanel No. 5.

Kalimat “I don’t do fashion, I am fashion

Meskipun Chanel meninggal pada tahun 1971, warisannya tetap hidup melalui merek Chanel yang terus berkembang di bawah kepemimpinan desainer terkini, Karl Lagerfeld, dan kemudian Virginie Viard.

Bahkan kisah Coco Chanel diangkat dalam film berjudul “Coco Before Chanel” pada tahun 2009 yang diperankan oleh Audrey Tautou.

Poster Film Coco Before Chanel | Ist
Poster Film Coco Before Chanel | Ist

Demikian biografi singkat mengenai Coco Chanel, semoga bermanfaat!*

Laporan Malika Aisya Samudra