5 Arti Simbol di Balik Peringatan Jumat Agung

Ilustrasi Jumat Agung | Ist
Ilustrasi Jumat Agung | Ist

FORUM KEADILANJumat Agung diperingati setiap tahun bagi umat nasrani sebelum perayaan Paskah.

Pada Jumat Agung ini, umat nasrani mengenang dan merenungkan penderitaan dan kematian Yesus Kristus di kayu salib untuk menebus dosa seluruh umat manusia.

Bacaan Lainnya

Berikut, berbagai simbol yang mempunyai makna dan arti untuk umat nasrani:

1. Salib

Ilustrasi Salib | Ist
Ilustrasi Salib | Ist

Salib menjadi simbol utama dalam peringatan Jumat Agung dikarenakan salib melambangkan pengorbanan besar Yesus Kristus di kayu salib untuk menebus dosa manusia.

Simbol salib ini juga untuk mengenang dan merenungkan penderitaan dan kematian Yesus Kristus di kayu salib sebagai pengorbanan yang besar dan penebus dosa manusia.

Selain itu, salib juga melambangkan cinta dan kesetiaan Yesus terhadap umat manusia, juga mengajarkan umat Kristiani untuk mempersembahkan hidup mereka demi kasih kepada sesama kita.

2. Mahkota Duri

Ilustrasi Mahkota Duri | Ist
Ilustrasi Mahkota Duri | Ist

Mahkota duri menjadi sebuah simbol penderitaan dan penghinaan yang dialami Yesus Kristus sebelum disalibkan.

Mahkota duri adalah mahkota yang terbuat dari duri-duri taham yang dipasang di kepala Yesus saat ia sedang diadili oleh para pemimpin Yahudi dan diolok-olokkan oleh prajurit Romawi.

Simbol ini juga mengingatkan umat Kristiani akan penderitaan yang dialami oleh Yesus dalam menebus dosa manusia dan mengajarkan pentingnya bersikap sabar dan teguh dalam menghadapi cobaan dan rintangan-rintangan hidup kita.

3. Paku

Ilustrasi Paku | Ist
Ilustrasi Paku | Ist

Saat disalibkan, Yesus dipaku pada kedua tangan dan kedua kaki-Nya hingga menyebabkan rasa sakit.

Penggunaan paku dalam penyaliban Yesus Kristus juga memberikan lambang kekerasan, kesengsaraan, dan penderitaan yang dialami oleh Yesus Kristus untuk dapat menebus dosa umat manusia.

Simbol paku ini juga memberikan pengajaran untuk umat Kristiani mengenai nilai kasih dan pengampunan yang harus dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

4. Jubah Ungu

Ilustrasi Salib dan jubah ungu | Ist
Ilustrasi Salib dan jubah ungu | Ist

Warna ungu di jubah mempunyai simbol kesedihan, kerendahan hati, dan penghormatan yang tulus kepada Allah.

Pada masa sebelum Kekristenan, warna ungu ini sering digunakan untuk menghormati para pahlawan dan raja-raja yang telah wafat. Dalam tradisi Kristen sendiri, warna ungu digunakan selama masa Prapaskah, yaitu masa-masa persiapan sebelum perayaan Paskah.

Jubah ungu juga sering dipakai oleh para rohaniwan dan pejabat Gereja sebagi tanda kesedihan dan penghormatan terhadap penderitaan Yesus Kristus di kayu salib.

5. Golgota

Bukit Golgota | Ist
Bukit Golgota | Ist

Bukit Golgota menjadi tempat yang dianggap sebagai tempat penyaliban Yesus Kristus. Berdasarkan Alkitab, Golgota adalah sebuah bukit di luar kota Yerusalem yang menjadi tempat di mana Yesus Kristus disalibkan dan mati.

Penderitaan dan kematian Yesus Kristus di kayu salib di Golgota adalah peristiwa yang sangat penting dalam ajaran agama Kristen.

Golgota menjadi sebuah simbol penting sebagai tempat yang menyiratkan penderitaan dan pengorbanan Yesus Kristus.

Demikian 5 simbol di balik peringatan Jumat Agung dan maknanya bagi umat nasrani. Semoga informasi di atas bermanfaat.*

Selamat memperingati Jumat Agung untuk semua Sobat Forum yang merayakan!