Jokowi Kunker ke Australia Hari Ini, Ma’ruf Amin Jadi Plt Presiden

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin | ist

FORUM KEADILAN – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Australia mulai hari ini, Senin, 4/3/2024. Wakil Presiden Ma’ruf Amin pun bertugas sebagai Plt Presiden selama Jokowi kunker ke luar negeri.

Hal tersebut diatur dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 12 Tahun 2024 tentang Penugasan Wakil Presiden Melaksanakan Tugas Presiden. Keppres tersebut ditandatangani Jokowi pada 1 Maret 2024.

Bacaan Lainnya

“Menugaskan Wakil Presiden untuk melaksanakan tugas sehari-hari Presiden sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan selama Presiden melaksanakan kunjungan kerja dan/atau kenegaraan ke Australia, pada tanggal 4 sampai dengan 6 Maret 2024 atau sampai dengan tanggal tiba kembali di tanah air,” bunyi Keppres tersebut seperti dilihat, Senin, 4/3.

Ma’ruf tetap wajib berkonsultasi dan meminta persetujuan Jokowi terlebih dahulu jika ada kebijakan atau suatu hal yang perlu diputuskan.

“Apabila dalam jangka waktu penugasan tersebut, perlu segera ditetapkan suatu kebijakan baru, maka Wakil Presiden sebagai pelaksana tugas Presiden wajib terlebih dahulu berkonsultasi dan meminta persetujuan Presiden,” demikian bunyi Keppres.

Setelah Jokowi kembali ke Indonesia pada 6 Maret 2024, tugas Plt Presiden pun berakhir.

“Setelah Presiden berada kembali di Tanah Air, penugasan berakhir dan Wakil Presiden segera melaporkan pelaksanaan tugas tersebut kepada Presiden,” lanjut bunyi Keppres.

Diketahui, Jokowi ke Australia untuk menghadiri Konferensi tingkat tinggi (KTT) ASEAN-Australia.

Jokowi bertolak ke Australia dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin, 4/3 sekitar pukul 10.00 WIB.

Jokowi mengatakan, KTT ASEAN-Australia itu juga akan memperingati 50 tahun kemitraan ASEAN dan Australia.

“Hari ini saya dengan delegasi terbatas akan berangkat ke Melbourne, Australia, untuk menghadiri KTT khusus ASEAN-Australia. KTT ini diselenggarakan untuk memperingati 50 tahun kemitraan ASEAN dan Australia,” kata Jokowi kepada wartawan di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin.

Kata Jokowi, KTT akan membahas bagaimana kemitraan strategis komprehensif ASEAN dan Australia dapat dioptimalkan ke depan untuk mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang damai stabil serta makmur.

“Membahas bagaimana kemitraan strategis komprehensif ASEAN dan Australia, dapat dioptimalkan ke depan guna mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang damai stabil dan makmur,” terang Jokowi.

Untuk tema sendiri, KTT ASEAN-Australia kali ini adalah partnership for the future.*