Prabowo Berencana Setop Impor BBM, Mau Buat Singkong Jadi Bensin

Menhan RI Prabowo Subianto ketika menghadiri wisuda Universitas Kebangsaan Republik Indonesia (UKRI) di Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis, 29/2/2024 | YouTube KANG DEDI MULYADI CHANNEL
Menhan RI Prabowo Subianto ketika menghadiri wisuda Universitas Kebangsaan Republik Indonesia (UKRI) di Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis, 29/2/2024 | YouTube KANG DEDI MULYADI CHANNEL

FORUM KEADILAN – Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto berencana melakukan swasembada energi saat menjadi Presiden Indonesia mendatang.

Prabowo berjanji untuk membuat Indonesia bebas dari ketergantungan impor Bahan Bakar Minyak (BBM). Caranya adalah dengan memanfaatkan sumber daya nabati lokal yang diyakini tidak akan pernah habis.

Bacaan Lainnya

Menurut Prabowo, Indonesia memiliki kekayaan tanaman komoditas perkebunan yang dapat diolah menjadi etanol, salah satu bahan bakar nabati yang lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan sumber energi fosil.

“Kita nanti green energy dan kita akan swasembada energi bensin, dari mana? Dari etanol, etanol dari mana? Dari tebu, dari singkong,” kata Prabowo ketika menghadiri wisuda Universitas Kebangsaan Republik Indonesia (UKRI) di Kota Bandung, Jawa Barat, dikutip, Jumat, 1/3/2024.

Prabowo berpendapat, energi yang berasal dari tanaman sangat baik karena tidak menimbulkan polusi dan dapat mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap energi fosil.

Menurut Prabowo, dalam beberapa tahun ke depan, Indonesia mampu mengubah seluruh jenis BBM menjadi biodiesel berbahan baku dari kelapa sawit, yaitu B100. Hal ini, lanjut dia, bisa membuat RI menghentikan impor bahan bakar dari luar negeri.

“Kita sudah bisa bikin B100, artinya biodiesel dari kelapa sawit 100 persen. Bisa kita bayangkan nggak? Kita tidak akan impor lagi solar dari luar negeri, karena kita punya produksi kelapa sawit sekarang 48 juta ton, mungkin dua tahun lagi akan menjadi 70 juta ton,” katanya.

“Artinya nanti BBM kita akan ramah lingkungan, ramah polusi, dan terbarukan. Bukan kita ambil dari tanah habis, gas dari tanah habis, tidak. Selama ada matahari dan ada hujan, tiap tahun kita bisa panen solar. Banyak negara iri sama Indonesia. Kita nanti akan swasembada energi,” kata dia lagi.

Pengertian Etanol

Etanol dikenal sebagai senyawa alkohol yang diproses dari bahan baku nabati menjadi bahan bakar maupun minuman keras, biasanya diperoleh melalui proses fermentasi biomassa dengan bantuan mikroorganisme.

Sejatinya, sudah banyak negara termasuk Indonesia, yang menggunakan etanol sebagai pengganti BBM bioetanol. Namun, etanol biasanya masih dicampurkan dengan bensin dari bahan bakar fosil.

Bahan bakar etanol digunakan sebagai alternatif yang dianggap lebih ramah terhadap lingkungan, karena bahan bakar etanol menghasilkan emisi karbon yang lebih rendah dibandingkan dengan bahan bakar fosil.

Etanol juga bisa membantu mengurangi ketergantungan terhadap sumber energi fosil yang sangat terbatas.*