5 Manfaat Minum Air Kelapa Ijo untuk Kesehatan Tubuh

Ilustrasi Kelapa Ijo | Ist
Ilustrasi Kelapa Ijo | Ist

FORUM KEADILAN – Air kelapa ijo kerap menjadi alternatif untuk melepas dahaga saat cuaca panas atau setelah berolahraga. Diketahui, air kelapa mengandung vitamin C, karbohidrat, dan elektrolit yang dapat membantu memulihkan energi setelah berolahraga.

Hal itu membuat air kelapa ijo menjadi salah satu bagian dari tanaman kelapa yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Air kelapa ijo memiliki rasa yang halus dan agak manis.

Bacaan Lainnya

Manfaat air kelapa hijau juga diyakini baik untuk kesehatan seperti menjaga keseimbangan air tubuh, melancarkan proses pencernaan, memperkuat sistem imun dan mengatasi masalah kulit. Air kelapa hijau juga mengandung nutrisi penting seperti vitamin C, magnesium, dan potasium.

Dalam pengobatan tradisional, air kelapa disebut memiliki banyak manfaat lainnya. Berikut beberapa manfaat mengkonsumsi air kelapa ijo untuk kesehatan tubuh. Yuk, simak manfaatnya dibawah ini:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Air kelapa ijo mengandung vitamin C dan antioksidan yang bermanfaat untuk memperkuat sistem imun tubuh dan melindungi tubuh dari radikal bebas.

Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel tubuh dan menyebabkan kanker. Vitamin C membantu meningkatkan produksi sel darah putih dan membantu melawan infeksi, sedangkan antioksidan membantu melawan kerusakan sel akibat radikal bebas.

2. Menetralisir Racun

Air kelapa ijo memiliki manfaat menetralkan racun dalam tubuh. Racun ini bisa berasal dari makanan, udara atau lingkungan yang kotor dan bisa mempengaruhi kesehatan jika tidak dibuang dengan benar.

Air kelapa ijo juga mengandung elektrolit seperti potasium dan magnesium yang membantu menetralkan racun dan meningkatkan metabolisme.

Air kelapa ijo juga mengandung asam hidroksi dan antioksidan seperti asam laktat dan askorbat, yang membantu melawan radikal bebas dan memperbaiki kerusakan sel akibat racun.

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat air kelapa ijo juga dapat menjaga kesehatan kulit. Air kelapa ijo mengandung antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Antioksidan membantu melawan kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas dan menjaga kulit tetap sehat dan awet muda. Ini juga membantu mempertahankan kelembapan kulit, membuat kulit tampak lebih segar dan cerah.

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Air kelapa ijo dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan membantu menurunkan kolesterol dan mengurangi risiko masalah jantung. Air kelapa ijo juga membantu meningkatkan aliran darah dan mencegah penumpukan lemak dalam arteri.

5. Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Manfaat air kelapa hijau juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Air kelapa hijau kaya akan magnesium dan kalium tinggi, yang membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Magnesium membantu menurunkan tekanan darah dengan membantu masalah yang berkaitan dengan sistem saraf parasimpatis, yang dapat memengaruhi tekanan darah.

Kalium membantu mengatasi masalah yang disebabkan oleh sodium, yaitu tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi dapat memicu berbagai masalah kesehatan, seperti stroke, serangan jantung, dan gangguan ginjal.*