6 Tips Menjaga Kesehatan agar Terus Sehat Sampai Tua

Ilustrasi menjaga kesehatan
Ilustrasi menjaga kesehatan | ist

FORUM KEADILANKesehatan merupakan aset penting. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan sampai kapan pun.

Dengan tubuh yang sehat, aktivitas sehari-hari bisa lebih mudah. Menjaga kesehatan juga penting agar terhindar dari berbagai berbagai penyakit tidak menular (PTM) yang dapat mengganggu dan membahayakan tubuh.

Bacaan Lainnya

Adapun hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan ialah dengan menerapkan perilaku hidup sehat dan menghindari berbagai kebiasaan buruk yang dapat mengganggu kesehatan.

Kebiasaan buruk yang perlu dihindari, yakni mengonsumsi alkohol, obesitas, malas bergerak atau melakukan aktivitas fisik, hingga mengonsumsi gorengan secara berlebihan.

Semakin tua usia pun semakin banyak pula masalah kesehatan yang bisa dialami akibat penuaan sel-sel tubuh.

Orang dengan usia lanjut mengalami penurunan fungsi dan kemampuan, seperti penglihatan, pendengaran, pergerakan dan lainnya.

Berikut tips untuk menjaga kesehatan hingga hari tua dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia.

1. Makan Makanan Bergizi

Makan makanan yang bergizi, seperti mengonsumsi sayuran dan buah sebanyak 400 gram atau 5 porsi dalam sehari.

2. Rutin Melakukan Aktivitas Fisik

Sebaiknya lakukan aktivitas fisik minimal 30 menit per hari atau 150 menit per minggu. Hal ini penting untuk menjaga agar tubuh tetap bugar.

3. Setop Merokok

Setop merokok atau menghindari papan rokok dan residu rokok sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Ingat, bahan-bahan kimia pada rokok berpotensi merusak sel paru-paru yang bisa berubah menjadi sel kanker.

Selain itu, merokok juga bisa menyebabkan terjadinya berbagai penyakit pada paru-paru, seperti bronkitis, penyakit paru obstruktif kronis (PPOK), dan emfisema.

Rokok pun bisa berbahaya bagi perokok pasif atau orang yang tidak merokok, tetapi menghirup asap rokok orang lain.

Sering menghirup asap rokok secara pasif dapat meningkatkan risiko terserang kanker paru-paru sebanyak 25 persen.

Perokok pasif juga meningkatkan risiko penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner dapat menyebabkan serangan jantung, nyeri dada, dan gagal jantung.

Asap rokok yang dihirup pun dapat menyebabkan adanya pengerasan arteri atau aterosklerosis. Hal ini dapat disebabkan oleh lemak, kolesterol, dan zat lainnya (seperti bahan kimia pada rokok) yang terbentuk di dinding arteri.

4. Setop Mengonsumsi Alkohol

Jika konsumsi berlebihan, alkohol bisa menyebabkan seseorang hilang kesadaran, kejang, hingga meninggal dunia.

Penyakit serius lainnya yang disebabkan oleh alkohol di antaranya tukak lambung, kerusakan pada hati, hingga komplikasi gangguan psikiatri berat.

5. Menjaga Berat Badan

Menjaga dan memantau berat badan agar tetap ideal sangat penting bagi kesehatan.

Berat badan sangat memengaruhi kesehatan, loh. Berat badan ideal akan memberikan berbagai manfaat bagi tubuh, seperti tubuh lebih bugar dan aktif, tidak mudah terserang penyakit, serta sirkulasi darah menjadi lebih sehat.

6. Cek Kesehatan

Mulai sekarang cek tekanan darah, gula darah, dan indeks massa tubuh secara berkala, ya. Hal ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Mengukur tekanan darah rutin secara rutin bermanfaat untuk mengurangi risiko stroke, jantung, hingga gagal ginjal, sejumlah penyakit yang muncul karena tekanan darah tinggi.

Kemudian mengecek gula darah secara rutin bisa membantu Anda untuk mengurangi risiko diabetes.

Lalu, indeks massa tubuh biasa dipakai untuk menentukan kategori berat badan, dari hasil perbandingan dengan tinggi badan.

Melalui cara itu, Anda bisa mengetahui status berat badan apakah berada dalam kategori normal, berlebih, atau malah kurang.

Selain menerapkan tips sehat di atas, kesiapan materi finansial juga diperlukan, seperti tabungan dan asuransi sebagai bekal di hari tua.

Jangan lupa juga untuk penuhi kebutuhan tidur harian dan segera melakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan apabila mengalami gejala penyakit, agar bisa mendapatkan penanganan sedini mungkin.*