FORUM KEADILAN – Penggunaan hashtag dalam sebuah konten dapat memberikan banyak manfaat. Hashtag dapat membantu konten Anda ditemukan oleh orang-orang yang tertarik pada topik atau kategori tertentu dan meningkatkan engagement dengan followers-mu.
Hashtag atau tanda tagar (#) merupakan label yang digunakan di media sosial untuk memudahkan pencarian informasi dengan tema atau konten tertentu.
Namun, masih banyak yang menggunakan hashtag dengan sembarang, sehingga konten yang diunggah di media sosial tidak optimal.
Berikut lima tips menggunakan hashtag yang tepat agar konten Anda lebih optimal.
1. Relevan dengan Isi Konten
Misalnya, jika Anda membagikan resep makanan, gunakan hashtag, seperti #ResepMakanan atau #Kuliner, bukan yang tidak relevan seperti #Olahraga.
2. Spesifik
Selain relevan, Anda harus membuat hashtag yang spesifik, sehingga konten yang dibagikan lebih optimal tersampaikan ke audiens Anda.
Misalnya, jika Anda membagikan konten resep makanan, gunakan hashtag, seperti #ResepMakananNusantara atau #ResepMakananRendang.
3. Manfaatkan Hashtag yang Sedang Tren
Menggunakan hashtag yang sedang tren atau populer di media sosial dapat membantu konten Anda muncul lebih banyak di pencarian dan menarik perhatian pengguna yang mengikuti tren tersebut.
Namun pastikan hashtag tersebut tetap relevan dengan konten yang Anda bagikan.
4. Gabungkan Hashtag Populer dan Hashtag Niche
Niche merupakan target audiens yang lebih spesifik dan lebih erat kaitannya dengan topik yang sedang Anda bahas.
Menggunakan campuran hashtag populer dan hashtag niche dapat membantu Anda menyeimbangkan jangkauan audiens yang lebih besar sekaligus terhubung dengan audiens yang lebih spesifik serta terfokus.
Misalnya, gunakan #TrenMasakanAnakKos bersama dengan hashtag yang lebih spesifik seperti #ResepMasakanRendangAlaAnakKos.
5. Hindari Penggunaan Hashtag dalam Jumlah Banyak
Perhatikan jumlah hashtag yang Anda gunakan. Hashtag yang berlebihan akan membuat kontenmu terlihat seperti spam. Pastikan Anda memiliki setidaknya beberapa hashtag yang relevan dan kuat.
Dengan menerapkan lima tips ini, konten yang Anda bagikan akan lebih optimal serta dapat meningkatkan daya jangkau, sehingga kontenmu lebih mudah ditemukan oleh audiens yang tepat.*
Laporan Rini Haryani