Anies Minta Pendukungnya Kawal Suara

Anies Baswedan menyampaikan visi-misinya di Debat Kelima Pilpres 2024 di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Minggu 4/2/2024. | Youtube KPU RI
Anies Baswedan menyampaikan visi-misinya di Debat Kelima Pilpres 2024 di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Minggu 4/2/2024. | Youtube KPU RI

FORUM KEADILAN – Calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan meminta para pendukungnya untuk terus mengawal suara di Pilpres 2024. Ia merasa, pemilu masih kali ini masih banyak kekurangan.

“Perjuangan kita belum selesai. Terlepas dari segala kebaikan pemilu dan kerja keras semua pihak yang terlibat di dalamnya, ada begitu banyak kekurangan yang dirasakan secara terang benderang,” kata Anies dalam videonya, Jumat 16/2/2024.

Bacaan Lainnya

Demi kebaikan pemilu dan penguatan demokrasi, kata Anies, dirinya menyerukan untuk terus mengawal suara.

“Terus kawal suara dengan semangat tinggi. Dokumentasikan semua kekurangan yang ada, keanehan, ketidaknormalan. Catat, foto dan kirimkan ke Tim Pemenangan Nasional,” imbuhnya.

Kemudian, Anies meminta para pendukungnya untuk tetap menghormati proses pemilu dan menghargai kerja-kerja demokrasi yang sedang berjalan.

“Menghormati proses pemilu, artinya memastikan setiap suara rakyat tersampaikan dan terhitung dengan akurat,” tuturnya.

Anies juga meminta para pendukungnya untuk menjaga semangat dan optimis bahwa gerakan perubahan masih dan akan terus berjalan.

Sebagaimana diketahui, Pemilu 2024 telah dilaksanakan. Berdasarkan hasil hitung cepat (quick count) di berbagai lembaga survei, pasangan nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul secara telak dari dua pasangan lainnya, yaitu pasangan nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan pasangan nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.*