Istana Bantah Kunker Jokowi ke Jateng untuk Menangkan Capres-Cawapres

Koordinator Staf Khusus Presiden RI Ari Dwipayana | Ist
Koordinator Staf Khusus Presiden RI Ari Dwipayana | Ist

FORUM KEADILAN – Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana membantah terkait anggapan kunjungan kerja (kunker) Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang kerap dilakukan ke Jawa Tengah (Jateng) berkaitan dengan pemenangan capres-cawapres tertentu.

Menurutnya, kunker ke Jateng tersebut sama dengan kegiatan kunker ke daerah-daerah lain di Indonesia yang bertujuan untuk memastikan program-program pemerintah tetap berjalan.

Bacaan Lainnya

“Enggak lah (tidak ada tujuan pemenangan kandidat tertentu). Ini sesuatu yang juga sama kegiatan yang sudah dilakukan presiden di berbagai tempat sama Beliau,” kata Ari di Gedung Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Senin, 29/1/2024.

“Memastikan kebutuhan pokok rakyat itu tersedia, memastikan program pemerintah berjalan, termasuk program prioritas yang terkait masyarakat dan memang wilayah yang belum (pernah) dikunjungi itu dikunjungi supaya memastikan itu berjalan,” sambungnya.

Ia juga menjawab soal pertanyaan apakah Presiden Jokowi bakal melakukan kampanye untuk menegaskan dukungannya kepada paslon tertentu.

Namun, Adi menegaskan pada saat ini Presiden belum mempunyai rencana berkampanye.

“Belum ada. Sampai saat ini belum ada rencana kampanye,” tuturnya.

Kemudian, Ari juga menepis bahwaisu kunker Presiden yang dilakukan oleh Jokowi di Jateng pada Senin kemarin bertujuan untuk membuntuti kampanye capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo. Ia menilai, isu membuntuti berawal dari wacana yang selalu muncul.

“Enggaklah, masak terus membuntuti. Dibuntuti dan membuntuti itu selalu wacana yang muncul. Padahal Presiden melakukan kunjungan kerja yang sangat berbeda dengan kampanye,” jelasnya.

“Ya kampanye itu kan di seluruh Indonesia, tidak hanya di Jawa Tengah. Sedangkan Presiden kunjungan kerjanya di Jawa Tengah,” pungkasnya.*