Kata Istana Soal Pertemuan Jokowi dengan AHY dan Sultan HB X di Yogya

Koordinator Staf Khusus Presiden RI Ari Dwipayana | Ist
Koordinator Staf Khusus Presiden RI Ari Dwipayana | Ist

FORUM KEADILAN – Koordinator Stafsus Presiden, Ari Dwipayana angkat bicara soal pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Menurutnya, pertemuan presiden dengan tokoh politik adalah hal yang biasa.

“Ini sesuatu yang biasa pertemuan presiden dengan tokoh-tokoh politik, tokoh-tokoh bangsa dan setelah pertemuan dengan Mas AHY,” kata Ari di Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia, Jakarta Pusat, Senin 29/1/2024.

Ia mengatakan, bahwa pertemuan itu merupakan bagian dari kegiatan Presiden seperti biasa.

“Ya kemarin hari Minggu, Presiden seperti biasa, beliau mengisi hari Minggu itu dengan kegiatan olahraga, gowes, dan saat itu juga diagendakan untuk bertemu dengan Mas AHY, Ketua Umum Partai Demokrat. Dan tentu pertemuan itu dirancang sangat santai, bisa gowes bersama kemudian juga sarapan kalau di Yogya pasti makan Gudeg Yu Jum,” ungkapnya.

Ari juga bicara soal pertemuan Jokowi dengan Sri Sultan Hamengku Buwuono X. Ia menjelaskan kalau pertemuan itu silaturahmi seperti itu biasa yang kerap dilakukan.

“Presiden bersilaturahmi dengan Sri Sultan Hamengku Buwuono X di Kraton. Ini juga satu kunjungan silaturahmi seperti biasa beliau lakukan, karena setiap beliau menginap di Istana Kepresidenan Yogyakarta di Gedung Agung, beliau menyempatkan untuk silaturahmi kepada Sri Sultan dan ini adalah silaturahmi juga yang dilakukan oleh beliau pada kunjungan kerja di Yogyakarta dan Jawa Tengah,” tuturnya.

Sebelumnya, AHY sarapan barsama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di DIY, Minggu 28/1/2024. Di hari yang sama, Presiden juga mengunjungi Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X di kompleks Keraton Jogja, Minggu 28/1.

Sultan mengaku pertemuannya dengan Jokowi hanya sebatas obrolan biasa.

“Ya masa saya cerita. Kongko-kongko diskusi saja seperti yang lain,” kata Sultan di kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Senin 29/1.*