Penyebab Sepatu Putih Menguning dan Solusi Mengatasinya

Sepatu putih
Sepatu putih | ist

FORUM KEADILANSepatu putih merupakan aksesoris yang cocok untuk dipadupadankan dengan berbagai jenis outfit. Sebagian orang memilih sepatu tersebut karena warnanya yang dianggap netral dan memberi kesan yang bersih serta elegan.

Namun, perawatan sepatu putih butuh perhatian ekstra agar tidak menguning.

Bacaan Lainnya

Penyebab Sepatu Putih Menguning

Sepatu putih yang bersih dan cerah dapat menguning seiring waktu. Hal ini dapat terjadi karena beberapa faktor, seperti:

1. Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat mengoksidasi bahan sepatu, terutama bahan seperti kulit dan kanvas.

Proses oksidasi ini dapat menyebabkan sepatu berubah warna menjadi kuning.

2. Tidak Kering Secara Maksimal

Jika sepatu basah dan tidak dikeringkan dengan benar, kelembapannya dapat merusak bahan dan menyebabkan sepatu menguning.

 3. Kotoran dan Debu yang Menempel

Kotoran, debu, dan partikel lain yang menempel pada sepatu akan meresap ke dalam serat bahan sepatu seiring berjalannya waktu. Hal ini akan merusak warna putih aslinya dan menyebabkan menguning

4. Terkontaminasi Bahan Kimia

Paparan bahan kimia tertentu, seperti pemutih klorin, pewarna atau bahan kimia lainnya dapat menyebabkan sepatu putih menguning.

5. Kualitas Bahan dan Usia Sepatu

Sepatu putih yang memiliki kualitas yang rendah membuat sepatumu cepat menguning. Selain itu, usia sepatu juga berpengaruh membuat perubahan warna pada sepatu.

Dari lima penyebab di atas, berikut tips mencuci sepatu putih agar tidak menguning.

Tips Mencuci Sepatu agar Tidak Mudah Menguning

1. Pakai Sikat yang Lembut

Dalam mencuci sepatu putih, jangan sembarang menggunakan sikat. Gunakan sikat yang lembut untuk membersihkan sepatu dari kotoran dan debu.

Anda juga bisa memanfaatkan sikat gigi bekas untuk menjangkau partikel-partikel kecil, agar sepatumu bersih secara merata.

Sikat lah dengan lembut dan perlahan, hindari menggosok terlalu keras. Fokus pada bagian yang kotor atau berlumpur.

2. Gunakan Deterjen Ringan atau Pembersih Khusus

Jika terdapat noda membandel pada sepatumu, Anda dapat gunakan detergen ringan atau pembersih khusus, seperti menggunakan detergen cair, pasta gigi, cuka putih, soda kue atau shampoo.

3. Rendam dengan Air Hangat

Setelah permukaan sepatu Anda bersih, rendam selama beberapa menit dalam air hangat. Air yang hangat berguna untuk mengugurkan kotoran yang melekat di bagian dalam sepatu dan tali.

4. Jemur di Tempat yang teduh

Hindari menjemur sepatu putih langsung di bawah sinar matahari. Oleh karena itu, jemur lah pada tempat yang teduh, seperti di bawah atap atau tempat sirkulasi udara yang baik.

Kemudian lapisi sepatumu dengan tisu. Selain melindungi dari paparan sinar matahari, tisu juga membantu menyerap sisa air dan detergen pada sepatu yang masih basah agar sepatumu tidak menguning.

Dengan mengikuti tips berikut, Anda dapat merawat sepatu putih dengan aman serta terjaga kebersihan dan penampilannya. Selamat mencoba!*

Laporan Rini Haryani