Sebut Food Estate Gagal, Mahfud: Yang Bener Saja, Rugi Dong?

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD dalam debat Pilpres keempat di JCC, Jakarta Pusat, Minggu, 21/1/2024 | YouTube KPU RI
Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD dalam debat Pilpres keempat di JCC, Jakarta Pusat, Minggu, 21/1/2024 | YouTube KPU RI

FORUM KEADILAN – Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud MD memaparkan visi misi mengenai lingkungan dan sumber daya alam (SDA). Mahfud ingin agar SDA yang ada memakmurkan rakyat.

Adapun untuk mencapai tujuan itu, menurut Mahfud, pemerintah harus memperhatikan empat aspek. Empat aspek itu di antaranya pemanfaatan, pemerataan, partisipasi masyarakat dan penghormatan terhadap hak warisan leluhur.

Bacaan Lainnya

“Kami akan menggunakan empat tolak ukur itu,” kata Mahfud saat menyampaikan visi dan misinya dalam debat keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat, Minggu, 21/1/2024 malam.

Mahfud lantas menyinggung pemerintah yang abai melakukan empat tolak ukur itu. Ia pun memaparkan program kerjanya.

“Tetapi saya tidak melihat pemerintah untuk menjaga kelestarian lingkungan alam kita, maka kita punya program petani bangga bertani di laut jaya, nelayan sejahtera,” tuturnya.

Mahfud kemudian menutup visi dan misinya dengan menyindir food estate. Mantan Ketua MK itu menyebut, food estate program gagal yang bikin rugi negara.

“Jangan seperti food estate yang gagal dan merusak lingkungan, yang benar saja, rugi dong kita?” tutupnya.

Isu food estate kerap disampaikan oleh calon presiden (capres) nomor urut 2 yang juga Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, yakni program lumbung pangan menjadi salah satu strategi utamanya untuk meningkatkan ketahanan pangan nasional.

Menurut Prabowo, food estate ialah strategi jitu untuk mengentaskan polemik pangan dan pertanian yang menjadi masalah strategis bangsa.

“Saya sudah bicara bertahun-tahun, ada rekam digital cetak saya semua dari berapa tahun kita harus punya food estate yang besar,” kata Prabowo dalam Dialog Capres Bersama Kadin, Jumat, 12/1.*