MAKI: Tidak Ingin Capres-Cawapres Hanya Retorika

Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman | Ari Kurniansyah/Forum Keadilan
Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman | Ari Kurniansyah/Forum Keadilan

FORUM KEADILANKPK akan menggelar program penguatan antikorupsi untuk penyelenggara negara berintegritas (PAKU Integritas), mengundar untuk pasangan capres-cawapres yang maju dalam kontestasi di Pilpres 2024.

Koordinator Masyarakat Anti Korupsi (MAKI), Boyamin Saiman berharap agar capres-cawapres tidak banyak retorika.

Bacaan Lainnya

“Saya tidak ingin calon pemimpin hanya retorika akan melakukan tata kelola yang lebih baik, menguatkan kelembagaan sehingga mencegah korupsi. Misalnya, pengadaan barang jasa akan lebih transparan, itu narasi politis, retorika yang naratif hanya berbunga-bunga, berbusa-busa, nggak ada gunanya ke depan,” ujar Boyamin, Selasa, 16/1/2024.

Boyamin juga berharap nantinya capres-cawapres bisa berkomitmen untuk membentuk peraturan pemerintah untuk Pengganti Undang-Undang (Perppu) mencabut revisi Undang-Undang (UU) KPK Nomor 19 Tahun 2019 agar dasar hukum KPK bisa dapat kembali ke Undang-Undang KPK versi sebelum revisi.

“Satu, berjanji membuat perppu untuk pencabutan revisi UU KPK No 19 Tahun 2019. Karena kalau berharap sama DPR kan nggak mungkin akan bisa dicabut itu. Ini kan soal konsentrasi ke Presiden, maka dia harus mengatakan untuk memperbaiki citra pemberantasan korupsi karena salah satunya itu adalah mereka menjadi melemah karena adanya UU Nomor 19 Tahun 2019 yang direvisi maka akan mencabut revisi itu otomatis kembali kepada Undang-Undang yang lama,” jelas Boyamin.

Ia berharap agar ada pasangan capres-cawapres yang ingin berkomitmen juga untuk menerbitkan Perppu perampasan aset karena hingga pada saat ini belum ada kejelasan mengenai rancangan UU Perampasan Aset.

“Kedua, berkomitmen juga untuk menetapkan Perppu terhadap perampasan aset kan rancangan UU sudah diberikan ke DPR sejak 2018 udah dibahas tapi nggak ada gayung bersambut dari DPR. Dan sekarang sudah enam bulan diserahkan nggak dibahas di rapat paripurna,” sambung Boyamin.

Diketahui, KPK akan menggelar forum bagi capres untuk beradu gagasan mengenai pemberantasan korupsi dan acara tersebut yang digelar pada hari ini, Rabu, 17/1/2024 yang dilaksanakan di Gedung Merah Putih KPK.

“Iya betul, diundang di acara program Penguatan Anti Korupsi untuk Penyelenggara Berintegritas (PAKU Integritas). Sejauh ini informasi yang kami peroleh diagendakan pada tanggal 17 Januari 2024 di Gedung Merah Putih KPK,” ujar Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada awak media, Selasa, 9/1/2024 lalu.

Ia mengatakan program Paku Integritas sudah dijalan oleh KPK sejak tahun 2021 dengan bertujuan menguatkan komitmen para pejabat untuk tidak korupsi.

“PAKU Integritas merupakan program KPK sejak 2021 melalui Kedeputian Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat guna menguatkan komitmen anti korupsi para penyelenggara negara,” pungkas Ali.*