Ini Respons Anies Soal Ditangkapnya Pelaku Ancaman Penembakan

Anies Baswedan menyampaikan visi misinya dalam acara Debat Ketiga Pilpres 2024 di Senayan, Jakarta Pusat. | Youtube KPU RI
Anies Baswedan menyampaikan visi misinya dalam acara Debat Ketiga Pilpres 2024 di Senayan, Jakarta Pusat. | Youtube KPU RI

FORUM KEADILAN – Calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan mengapresiasi kinerja Kepolisian yang telah mengamankan terduga pelaku ancaman penembakan terhadap dirinya di media sosial.

Anies mengatakan, siapa saja berhak dan dipersilakan untuk mengutarakan pendapat asal tak mengancam keselamatan orang lain.

Bacaan Lainnya

“Silakan mengutarakan pendapat, tetapi jaga sikap, dan jangan mengancam keselamatan seseorang,” katanya di Lampung, Minggu 14/1/2024

Anies menegaskan, meskipun undang-undang melindungi hak untuk mengutarakan pendapat, namun tidak boleh ada ancaman apapun dan kepada siapapun.

“Sehingga kejadian ini, dapat menjadi pelajaran bagi kita semua. Kalau pelakunya masih muda saya minta diberikan pembinaan,” sambungnya.

Seperti diketahui, Anies sempat mendapatkan ancaman pembunuhan oleh warganet saat melakukan live di TikTok.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Shandi Nugroho mengatakan, terduga pelaku pengancaman itu berinisial AWK (23) telah diamankan. Ia ditangkap di Jawa Timur, Sabtu 13/1.

Shandi menjelaskan, saat ini polisi masih mendalami kasus tersebut.

“Masih pendalaman. Informasi terkini dari tim yang menangani, yang bersangkutan telah menyatakan bahwa benar dia yang membuat cuitan itu. Saat ini sedang diproses lebih lanjut oleh tim gabungan,” ujar Shandi dalam konferensi pers, Sabtu 13/1.

Kata dia, pihaknya juga akan memeriksa secara mendalam akun TikTok @calonistri71600 yang digunakan AWK untuk melakukan pengancaman penembakan.*