Ganjar Beri Wejangan Gen Z-Milenial: Pentingnya Proses Kreatif dan Restu Orang Tua

Capres nomor urut 3 safari politik ke Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu, 30/12/2023 | Instagram @ganjar_pranowo
Capres nomor urut 3 safari politik ke Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu, 30/12/2023 | Instagram @ganjar_pranowo

FORUM KEADILAN – Calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo memberikan wejangan kepada ratusan Gen Z dan milenial di Analekta Coffee, Kecamatan Karanggeneng, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu, 30/12/2023. Dialog tersebut dalam rangka safari politik Ganjar di Jawa Tengah.

Ganjar berbagi pengalaman tentang perjuangannya meraih kesuksesan melalui proses kreatif yang tidak instan.

Bacaan Lainnya

“Waktu SMA, SMA saya swasta maklum tidak diterima di negeri. Terus saya ingat kok teman saya bagus-bagus sepatunya, kakak saya punya sepatu tapi sudah sobek, tidak dipakai, dia beli lagi terus saya minta. Maka saya tembel, saya jahit biar terlihat keren sebagai anak muda pada saat itu,” ungkap Ganjar, dikutip, Minggu, 31/12.

Dalam ceritanya, Ganjar tidak hanya menghadapi keterbatasan fashion, melainkan juga mengenakan pakaian yang tidak sebanding dengan teman-temannya. Meski demikian, Ganjar menekankan bahwa ia tidak pernah merasa malu dengan keadaan tersebut.

“Maka masing-masing di antara kita beda. Terus kita malu? Tidak. Pakai baju teman kita lebih bagus, saya tidak, tidak malu waktu itu,” tegas eks Gubernur Jawa Tengah itu.

Tidak menyerah pada kondisi, Ganjar menyebut, pendidikan tinggi adalah kunci untuk keluar dari situasi tersebut. Dia mendorong adanya proses kreatif dalam setiap langkah untuk terus berkembang.

Ganjar juga menyoroti pentingnya doa dan restu orang tua dalam perjalanan hidup seseorang.

“Kemudian orang berproses. Proses orang seperti saya memang harus ada karena fasilitas terbatas. Yang ada di otak saya satu, sekolahnya harus tinggi dan semua itu tidak dipatahkan oleh keadaan. Kita bekerja keras, serius, spiritualnya minta restu orang tua,” ungkapnya.

Seorang anak muda bernama Bella menyebut, kisah Ganjar yang berasal dari keluarga kurang mampu hingga kini menjadi capres 2024 menginspirasinya. Sejak Ganjar menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, Bella mengaku telah mengagumi dan mengikuti jejaknya.

Bella, yang juga berasal dari keluarga kurang mampu, menemukan motivasi dalam perjuangan Ganjar dan berhasil mengembangkan proses kreatifnya. Sekarang, ia menjadi seorang artis TikTok Boyolali dengan 247 ribu pengikut di akun pribadinya.

Bella juga aktif di platform YouTube dan Instagram, menjadikannya sumber penghasilan melalui iklan promosi dan kolaborasi dengan brand lokal.

“Saya ngefans sekali sama Pak Ganjar sejak jadi gubernur. Beliau menginspirasi saya, kebetulan saya juga dari keluarga yang kurang mampu, jadi termotivasi dari Pak Ganjar,” kata Bella.

Bella memberikan dukungan penuh kepada Ganjar sebagai capres 2024, terutama karena programnya yang menawarkan internet super cepat, gratis, dan merata di seluruh Indonesia. Baginya, program ini sangat penting bagi anak muda seperti dirinya yang mengandalkan internet.

“Jaringan internet cepat gratis. Jadi ini penting sekali, apalagi sekarang di era digital, jadi internet itu penting sekali ya. Harapannya untuk Pak Ganjar ketika sudah jadi Presiden kami ingin anak milenial, anak pemuda ini difasilitasi. Jadi diberi ruang untuk mengekspresikan di dunia digital,” ungkap Bella.*