Survei Indikator: Ganjar-Mahfud Susul Prabowo-Gibran untuk Masuk Putaran Kedua

Momen debat perdana Pilpres 2024 di kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa, 12/12/2023 | Instagram @prabowo
Momen debat perdana Pilpres 2024 di kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa, 12/12/2023 | Instagram @prabowo

FORUM KEADILAN – Lembaga penelitian Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei terbaru tren elektabilitas pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) pasca debat perdana.

Menurut hasil survei tersebut, pasangan nomor urut dua, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka masih menduduki peringkat pertama dengan 46,7 persen. Meskipun, jika dibandingkan dengan hasil bulan sebelumnya, elektabilitas mereka cenderung stagnan.

Bacaan Lainnya

Di posisi kedua, pasangan nomor urut tiga Ganjar Pranowo dan Mahfud MD berhasil menempel dengan perolehan 24,5 persen, meningkat sebesar 1 persen dibandingkan dengan bulan November 2023.

Terakhir, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar berada di posisi ketiga dengan 21 persen. Pasangan yang dijuluki AMIN itu mengalami penurunan sebesar 1,3 persen dibandingkan dengan periode sebelumnya.

“Elektabilitas Anies sedikit turun, elektabilitas Prabowo-Gibran stagnan. Elektabilitas Ganjar sedikit naik,” ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi, Selasa, 26/12/2023.

Jika melihat dari hasil survei tersebut, pasangan Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud berpotensi berlanjut ke putaran kedua.

Adapun survei dilaksanakan pada 23-24 Desember 2023 melalui wawancara telepon dengan 1217 responden yang dipilih menggunakan metode random digit dialing (265 responden) dan double sampling (952 responden).

Margin of error dari survei ini diperkirakan sekitar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.*