1.680 Petugas Kebersihan Dikerahkan di Jakarta Saat Perayaan Natal 2023

Ilustrasi petugas kebersihan
Ilustrasi petugas kebersihan | ist

FORUM KEADILAN – Sebanyak 1.680 petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta diturunkan selama perayaan Natal 2023. Petugas akan disebar ke sejumlah wilayah untuk mengantisipasi penumpukan sampah.

“Seluruh Suku Dinas Lingkungan Hidup tingkat Kota Administrasi dan Satuan Pelaksana Lingkungan Hidup di tiap Kecamatan telah diinstruksikan untuk mengantisipasi kebersihan lingkungan gereja di wilayah tugasnya masing-masing,” kata Kepala DLH DKI Jakarta Asep Kuswanto dalam keterangan tertulis, Minggu, 24/12/2023.

Bacaan Lainnya

Asep memastikan, kegiatan penanganan kebersihan selama Natal tetap berjalan seperti biasa. Untuk mengantisipasi timbunan sampah selama perayaan Natal tahun ini, pihaknya telah menyiapkan rencana operasi, satuan tugas, sarana, dan armada penanganan sampah.

DLH DKI menempatkan minimal 40 personel penanganan kebersihan di setiap kecamatan. Mereka diberi tugas untuk memastikan bahwa Natal dan rangkaian perayaannya berjalan dengan nyaman tanpa adanya sampah yang menumpuk.

“Bahkan ada petugas yang ikut serta gotong royong membersihkan gereja bersama pengurus untuk mempersiapkan rangkaian perayaan Natal,” jelas Asep.

DLH juga melibatkan regu comot di sekitar gereja bekerja sama dengan Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) Kelurahan terkait.

Selain personel, DLH DKI juga menyiapkan kendaraan angkut sampah, road sweeper atau mobil penyapu jalan otomatis, toilet mobile, tempat sampah beroda, dan menyiagakan TPST Bantargebang yang beroperasi 24 jam untuk memberikan pelayanan selama malam Natal.

Khusus untuk gereja-gereja besar dengan jemaat yang ramai, petugas, dan armada penanganan kebersihan diberikan tugas yang lebih optimal. Contohnya, di Gereja Katedral dan Immanuel Jakarta Pusat, Gereja Ayam di Jakarta Barat, Gereja Advent dan HKBP Pasar Minggu Jakarta Selatan, Gereja Theresia Jakarta Timur, serta Gereja Tiberias Indonesia Kelapa Gading Jakarta Utara.*

Pos terkait