Prabowo-Gibran Unggul di Survei LSI Denny JA, Gerindra: Publik Semakin Cerdas

Waketum Gerindra Habiburokhman saat ditemui di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu 1/11/2023 | Merinda Faradianti/Forum Keadilan
Waketum Gerindra Habiburokhman saat ditemui di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu 1/11/2023 | Merinda Faradianti/Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – Partai Gerindra mengapresiasi hasil survei LSI Denny JA yang menunjukkan pasangan calon (paslon) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka memiliki elektabilitas lebih tinggi dari dua paslon lain.

“Kami mengapresiasi hasil survei lembaga survei Indonesia Denny JA yang menunjukkan keunggulan Prabowo-Gibran yang sangat signifikan. Keunggulan Prabowo-Gibran sangat tebal yakni 11,7 persen atau 4 kali margin of error dibandingkan 2 paslon Ganjar-Mahfud yang ada di peringkat kedua,” kata Wali Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman dalam keterangannya, Selasa, 21/11/2023.

Bacaan Lainnya

Habiburokhman mengatakan, hasil elektabilitas tersebut menunjukkan bahwa publik sudah semakin cerdas dalam menentukan dukungan.

“Hasil survei LSI ini menunjukkan bahwa publik sebagai pemegang kuasa memilih sudah semakin cerdas,” ujar Habiburokhman.

Menurut Habiburokhman, hasil tersebut juga diperkuat dengan visi dan misi Prabowo-Gibran yang realistis.

“Mereka bisa melihat kinerja luar-biasa Pak Prabowo-Gibran di posisi sebagai Menhan dan Walikota Surakarta berpadu dengan gaya komunikasi santuy dan santun, serta visi, misi dan program Prabowo-Gibran yang realistis sebagai dasar untuk menentukan pilihan elektoral,” sambungnya.

Habiburokhman mengatakan, seluruh partai pengusung di Koalisi Indonesia Maju siap bekerja keras dalam mendukung pasangan Prabowo-Gibran.

“Di sisi lain, tampak sekali bahwa semua partai KIM berikut simpul-simpul relawan all out kerja keras meyakinkan rakyat di akar rumput untuk memilih Prabowo-Gibran,” ujar Habiburokhman.

Lebih lanjut, Habiburokhman meyakini bahwa pasangan Prabowo-Gibran akan menang satu putaran jika tidak terjadi kecurangan.

“Kami semakin yakin bahwa dengan tren elektabilitas yang semakin hari semakin baik ini dan jika tidak terjadi kecurangan maka kami bisa menang satu putaran,” imbuhnya.

Sebelumnya, LSI Denny JA merilis hasil survei yang menunjukkan elektabilitas paslon nomor urut 2, Prabowo-Gibran, unggul dibanding pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

LSI Denny JA menggelar survei pada 6-13 November 2023 dengan melibatkan 1.200 responden yang dipilih secara acak atau multistage random sampling.

Metode survei dilaksanakan melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Margin of error survei ini sekitar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Dalam survei tersebut, LSI Denny JA mengajukan pertanyaan kepada responden, ‘Jika pemilu presiden dilaksanakan di saat survei kita kerjakan, siapakah dari 3 pasangan capres-cawapres ini yang dipilih?’.

Berdasarkan jawaban yang diterima, Prabowo-Gibran mendapatkan elektabilitas 40,3 persen, disusul Ganjar-Mahfud 28,6 persen, dan Anies-Muhaimin atau AMIN 20,3 persen. Sementara itu, 10,8 persen responden memilih opsi tidak tahu atau tidak menjawab.*