Ratusan Investor Asing Teken Letter of Intent Terkait IKN

Presiden Jokowi Groundbreaking Bandar Udara IKN, 1 November 2023
Presiden Jokowi Groundbreaking Bandar Udara IKN, 1 November 2023 | Youtube Sekretariat Presiden

FORUM KEADILAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa investasi di Ibu Kota Nusantara (IKN) telah menarik 300 investor asing dengan menandatangani Letter of Intent (LOI).

“Ya di semua negara kita menyampaikan progres IKN, investasi apa yang terbuka dan banyak yang berminat, tetapi kan sampai sekarang sudah lebih dari 300 Letter of Intent (LOI) yang sudah ditandatangani,” jelas Jokowi di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, pada Senin, 20/11/2023.

Bacaan Lainnya

Jokowi mengatakan, jumlah investor akan terus bertambah dan ia yakin akan ada investor asing yang masuk, meski hingga saat ini belum ada yang memulai pembangunan.

“Saya kira itu sudah segerakan tambah terus tetapi memang sampai saat ini yang real untuk memulai memang belum,” katanya.

“Tapi dengan tumpukan LOI sebesar itu bisa masih ada potensi, saya kira akan (pasti), hanya kita gabungkan dulu investor di dalam negeri terlebih dulu,” sambungnya.

Sebelumnya, Jokowi mengatakan investor dalam negeri harus menjadi yang pertama investasi di IKN Nusantara di Kalimantan Timur dan meminta kepala Otorita IKN Bambang Susantono memperhatikan permintaannya ini.

Jokowi juga meminta agar para investor dari luar negeri jika mau masuk berinvestasi agar bekerja sama dengan perusahaan lokal.

“Saya sampaikan ke Kepala Otorita dahulukan dulu investor dalam negeri, tapi kalau mentok dan sudah tidak ada kita akan keluarkan jurus dari luar,” ucap Jokowi saat groundbreaking proyek Pakuwon Group di IKN, Rabu, 1/11.

Presiden RI ini berpendapat, investor luar negeri pasti akan meminta jatah pengembangan lahan yang besar, bisa sampai satu blok. Salah satunya Investor Uni Emirat Arab yang pernah meminta pengembangan satu blok sentra keuangan.

Jokowi khawatir bila permintaan tersebut dituruti, perusahaan dan investor lokal justri tidak mendapatkan kue pengembangan IKN.

“Biasanya kalau dari luar, misalnya dari Uni Emirat Arab mintanya itu langsung satu blok, satu blok misalnya untuk financial center kami yang garap. Total. Terus nanti yang dari dalam negeri mau dapat apa,” imbuhnya.

Jokowi juga sempat menyakini investor asing bakal masuk ke IKN Nusantara di Kalimantan Timur. Pada saat ini sudah banyak investor dalam negeri yang berani melakukan pembangunan besar di IKN.

Jokowi mengungkapkan bahwa memang pada saat ini belum ada investor asing yang menanamkan modal di IKN. Namun, dengan berjalannya pembangunan IKN yang dilakukan investor dalam negeri, dengan sendirinya investor asing tidak akan ragu untuk masuk ke pengembangan IKN.

“Sampai saat ini belum ada (investor asing masuk ke IKN). Tapi saya yakin bahwa setelah investor di dalam negeri bergerak, semakin banyak setiap bulannya, maka investor dari luar akan segera masuk. Kita lihat saja nanti pasti akan masuk,” kata Jokowi kepada wartawan di sela KTT APEC, Jumat, 17/11.*