Kado Mahfud untuk Gibran: Buku Biografi Saat Menjabat Ketua MK

Mahfud MD
Mahfud MD | kominfo.go.id

FORUM KEADILAN – Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3, Mahfud MD, memberikan kado untuk cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, berupa sebuah buku pada acara 13 Tahun Mata Najwa ‘Bergerak, Bergerak, Berdampak’, Minggu, 19/11/2023.

Buku yang diberikan Mahfud adalah biografi dirinya saat menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK).

Bacaan Lainnya

“Ke mas Gibran dulu nih, ini nggak ada harganya,” kata Mahfud MD, dikutip, Senin, 20/11.

“Ini buku biografi saya sampai selesai jadi ketua MK. Judulnya terus mengalir. Jadi nggak ada harganya, karena buku saya sendiri,” tambah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI tersebut.

Mahfud juga memberikan selamat kepada putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu sambil menyalami. Ia mengungkapkan kebanggaannya atas keberhasilan Gibran yang maju dalam kontestasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Pernyataan tersebut disambut sorak sorai oleh para penonton yang hadir dalam acara tersebut. Selain itu, terdengar pula gelak tawa dari penonton saat Mahfud memberikan kado tersebut.

Dua Kasus Besar Mahfud MD Saat Jadi Ketua MK

Mahfud MD juga menceritakan dua kasus besar yang pernah ditangani saat menjabat sebagai Ketua MK. Pertama, ia mengungkap kasus Mafia Peradilan pada masa kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), di mana tekanan yang dialaminya membuatnya kehilangan beberapa ajudan.

Kedua, Mahfud mencatat pengalamannya dalam menangani masalah Pemilu 2014, di mana ia memberikan izin kepada masyarakat yang tidak terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk membawa KTP atau paspor guna mendukung demokrasi Pemilu di seluruh dunia.*