Ganjar Siapkan Tim Hukum Dampingi Aiman Witjaksono

Ganjar Pranowo
Ganjar Pranowo | Kabupaten Blora

FORUM KEADILAN – Calon presiden (capres) nomor urut tiga Ganjar Pranowo mengatakan bahwa pihaknya menyiapkan tim hukum untuk mendampingi Aiman Witjaksono, Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN), terkait pelaporan karena menyinggung ketidaknetralan polisi dalam Pemilu 2024.

“Ya kita siapkan tim hukum bisa mendampingi, tapi lagi-lagi kita sangat percaya semua akan bekerja sangat profesional,” ucap Ganjar ditemui di Universitas Gadjah Mada, Sleman, DIY, Kamis, 16/11/2023.

Bacaan Lainnya

Ganjar mengatakan bahwa segala bentuk dugaan kecurangan yang ditemukan harus disertai data dan fakta agar tidak menimbulkan fitnah.

“Saya sampaikan, seluruh data dan fakta musti betul-betul ditunjukkan biar nanti tidak menjadi fitnah,” katanya.

Diketahui, Polda Metro Jaya saat ini telah menerima enam laporan polisi terhadap Aiman buntut pernyataannya yang menyinggung soal ketidaknetralan aparat pada Pemilu 2024.

Aiman dilaporkan terkait Pasal 28 Ayat 2 Jo Pasal 45 Ayat 2 Undang-Undang (UU) Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE dan atau Pasal 14 dan atau Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Atas laporan tersebut, polisi berencana meminta keterangan dari Aiman. Langkah awal polisi akan lebih dulu meminta klarifikasi dari para terlapor.

Ditreskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak mengatakan bahwa penyidik juga akan meminta keterangan dari para ahli. Mulai dari ahli pidana, ali bahasa, hingga ahli sosiologi hukum.

“Tadi rangkaian itu dulu yang akan kita lalui. Baru nanti kemudian kita akan lakukan undangan klarifikasi terhadap terlapor AW (Aiman),” ujar Ade Safri Simanjuntak kepada Wartawan, Selasa, 14/11.*