Polri-DPR Gelar Raker, Netralitas Pemilu Jadi Fokus Utama

Gedung MPR DPR dan DPD. | Ist

FORUM KEADILAN – Wakil Ketua Komisi III Ahmad Sahroni beberkan netralitas menjadi pokok utama pembicaraan dalam rapat kerja (raker) bersama dengan Polri.

Menurut Sahroni, Polri mengungkapkan progres netralitas dalam rangka Pemilu 2024.

Bacaan Lainnya

“Komisi III ingin netralitas Polri diutamakan jangan ada keberpihakan pada A atau B, dan wajar ya dalam proses Pemilu 2024 ini sifatnya untuk mengingatkan kepada para mitra nanti dalam penyelenggaraan Pemilu itu konsep pengamanan harus dilakukan oleh kepolisian,” katanya kepada awak media di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu, 15/11/2023.

Sahroni melanjutkan, kekhawatiran akan netralitas Polri pada akhirnya dapat menyebabkan semua lembaga pengawas terlibat dalam mengawasi setiap pergerakan yang akan dilakukan.

“Karena di dua lembaga ini lah pengamanan Pemilu 2024 menjadi concern para penyelenggara Pemilu, yaitu peserta pemilunya,” ujarnya.

“Saya hanya ingin menyampaikan bahwa jika ada tuduhan yang ditujukan kepada institusi dan tidak ada bukti, bukti harus disertakan agar tidak ada hal yang dapat dituduhkan dan isu tersebut hanya bersifat sebatas rumor,” katanya.

Lebih lanjut, Fraksi Partai Nasdem juga mengungkap alasan ketidakhadiran Kapolri Listyo Sigit Prabowo dalam rapat kerja kali ini.

“Kapolri sendiri mungkin ada kegiatan lain ya, kita harus memahami,” pungkasnya.*

Laporan Novia Suhari