Miing Bagito, dari Komedian Jadi Caleg Partai Gelora

Tb. Dedy Miing Gumelar atau Miing Bagito
Tb. Dedy Miing Gumelar atau Miing Bagito | Dok. Forum Keadilan

FORUM KEADILANForum Caleg Bicara menghadirkan Tb. Dedy Miing Gumelar atau Miing Bagito. Komedian senior tersebut akan bersaing dalam Pemilu 2024 melalui Partai Gelora.

Bang Miing akan memperebutkan kursi Senayan pada Daerah Pemilihan Jawa Barat (Jabar) 6 (Depok-Bekasi).

Bacaan Lainnya

Dalam percakapan yang penuh humor dan keakraban, Bang Miing menceritakan perjalanan panjangnya dari dunia hiburan ke panggung politik.

Bang Miing menjelaskan bahwa keputusannya untuk terlibat dalam politik di Dapil Jabar 6 didasarkan pada rasa tanggung jawabnya terhadap masyarakat di daerah tersebut. Ia membahas pentingnya memiliki pemimpin yang mampu menjual potensi daerahnya, terutama dalam konteks otonomi daerah yang memerlukan kepemimpinan yang kuat.

Selama wawancara, Bang Miing juga berbagi pengalaman politiknya sejak 2009, ketika pertama kali terpilih sebagai anggota DPR RI dari Dapil Banten.

Bang Miing menyampaikan rasa terima kasihnya pada mentor politiknya, almarhum Pak Taufik Kiemas, yang memberikan pandangan mendalam tentang politik dan Pancasila.

Terkait keputusannya untuk bergabung dengan Partai Gelora, Bang Miing menjelaskan bahwa ia mencari tempat di mana aspirasinya untuk membawa perubahan dapat diwujudkan.

“Saya mencari teman-teman yang memungkinkan untuk menghadirkan ruang tersebut,” ungkap Bang Miing.

Bang Miing menggambarkan perjalanan politiknya, termasuk pernah bergabung dengan partai lain, sebagai bagian dari proses pencarian tempat yang sesuai dengan visi dan misinya.

Lebih lanjut, Bang Miing juga menyoroti kegagalan kepemimpinan yang tidak mampu menahan urbanisasi, serta pentingnya seleksi calon legislatif berdasarkan kompetensi daripada hubungan politik internal.

FYI, Forum Caleg Bicara merupakan program yang memberikan wadah bagi para calon legislatif yang akan bertarung pada Pemilu 2024. Untuk cerita Bang Miing selengkapnya, bisa di cek video di bawah ini.* (Tim FORUM KEADILAN)