Dibentuk DPR, Utut PDIP Jadi Ketua Panja Netralitas TNI di Pemilu 2024

Utut Adianto Ketua Komisi I DPR RI Fraksi PDIP | Youtube DPR RI
Utut Adianto Ketua Komisi I DPR RI Fraksi PDIP | Youtube DPR RI

FORUM KEADILAN – Wakil Ketua Komisi I DPR Fraksi PDI Perjuangan Utut Adianto menjadi ketua Panitia Kerja (Panja) Netralitas TNI yang dibentuk oleh Komisi I DPR di Pemilu dan Pilpres 2024.

“Sudah dibentuk kemarin rapat internal tanggal 8 November, sudah dibentuk Panjanya, dan kita sudah juga menetapkan ketuanya, nanti yang memimpin Pak Utut,” ujar Ketua Komisi I DPR Fraksi Golkar Meutya Hafid kepada wartawan di Gedung MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta Selatan, Senin, 13/11/2023.

Bacaan Lainnya

Meutya menyatakan bahwa Utut bersedia memimpin Panitia Netralitas TNI. Ia berpendapat bahwa pekerjaan pengawasan oleh panitia tersebut akan dilaksanakan bersama-sama dengan para pimpinan dan anggota setiap fraksi di komisi.

“Beliau berkenan untuk memimpin dan tentu dibarengi oleh seluruh pimpinan dan juga anggota komisi I DPR,” tuturnya.

Sebelumnya, pembentukan Panitia Pengawasan Netralitas TNI diusulkan oleh Utut. Utut menyatakan bahwa inisiatif tersebut bertujuan untuk menjaga marwah DPR RI.

“Ibu Bapak mohon izin kalau kita berkenan saya dari meja pimpinan, saya belum ngomong nih, kebenaran, Ibu Ketua, Pak Riefky (Wakil Ketua Komisi I DPR Fraksi Demokrat Teuku Riefky Harsya), Pak Sugiono, kebenaran satu blok. Beliau (Wakil Ketua Komisi I DPR Fraksi PKS Abdul Kharis Almasyhari) blok satu lagi, saya blok satu lagi,” jelasnya Utut pada Selasa, 7/11,

“Tetapi kalau memang berkenan untuk menjaga marwah DPR, buat Panja Netralitas TNI. Jadi kita sembari di tengah kesibukan kita sebagai caleg kita membuat pengawasan,” tambahnya.*