Anies-Muhaimin Siap Hadiri Uji Publik Capres-Cawapres PP Muhammadiyah

Anies Baswedan dan Cak Imin | Ist
Anies Baswedan dan Cak Imin | Ist

FORUM KEADILAN – Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (disapa AMIN) siap menghadiri uji publik calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) yang diselenggarakan Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah.

Forum tersebut akan menjadi media yang strategis dalam menyampaikan visi Indonesia yang adil dan makmur untuk semua milik AMIN kepada publik.

Bacaan Lainnya

“Kami tentu mengapresiasi PP Muhammadiyah yang mengambil langkah strategis dalam membantu publik untuk memahami visi-misi masing-masing pasangan capres-cawapres yang berkompetisi dalam Pilpres 2024. Pasangan AMIN akan dengan senang hati menghadiri undangan tersebut,” kata Cak Imin dalam keterangannya, Senin, 13/11/2023.

Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyiapkan perangkat uji publik untuk tiga capres-cawapres yang akan bertarung pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Uji publik tersebut dijadwalkan digelar di tiga kampus Muhammadiyah pada 21-23 November 2023.

Pasangan AMIN dijadwalkan akan menyampaikan visi misi mereka pada 22 November 2023 di Universitas Muhammadiyah, Surakarta.

Cak Imin menjelaskan bahwa uji publik capres-cawapres yang akan diselenggarakan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah akan meningkatkan tingkat kontestasi Pilpres 2024.

Dengan adanya uji publik ini, kata Cak Imin, masyarakat tidak hanya akan disajikan dengan narasi saling serang dari antar pendukung, tetapi juga akan melibatkan adu gagasan masing-masing dari capres-cawapres.

“Harus diakui PP Muhammadiyah selangkah lebih maju untuk membuat kontestasi Pilpres 2024 naik level. Langkah ini menurut saya perlu ditiru oleh elemen masyarakat sipil lainnya,” jelasnya.

Cak Imin menyatakan bahwa pasangan AMIN sangat siap menghadapi pertanyaan, sanggahan, maupun masukan dari masyarakat terkait visi-misi perubahan yang mereka usung, yang bertajuk ‘Indonesia Adil Makmur untuk Semua’, dan berpendapat bahwa visi dan misi tersebut disusun berdasarkan kajian matang yang bersumber dari masukan masyarakat, akademisi, kelompok milenial, hingga Generasi Z.

“Visi misi ‘Indonesia Adil Makmur untuk Semua’ akan memberikan paradigma baru untuk mewujudkan Indonesia Emas 2045. Akan ada perbaikan mendasar bagi layanan publik di Indonesia baik di bidang pendidikan, kesehatan, penciptaan lapangan kerja, ketersediaan hunian layak, hingga menciptakan keadilan ekologis yang lestari,” ucapnya.

Ketua UMUM PKB itu juga menyampaikan salah satu fokus dari pasangan AMIN nanti adalah memperkuat demokratisasi di Indonesia. Menurutnya, demokrasi yang berkualitas adalah yang merupakan salah satu pondasi bagi tercapainya Indonesia Emas 2045.

“Kita tidak boleh terjebak pada capaian jangka pendek seperti pembangunan infrastruktur, hilirisasi maupun bantuan langsung tunai jika itu semua harus memporak-porandakan pondasi bernegara kita seperti demokrasi, penghormatan terhadap HAM, maupun profesionalisme TNI-POLRI,” tutupnya.*