Merah Kuning ‘Kulit’ Gibran

Gibran Rakabuming Raka saat menghadiri Rapimnas Golkar di kantor DPP Golkar, Jakarta Barat, Sabtu 21/10/2023 | Charlie Adolf Lumban Tobing/Forum Keadilan
Gibran Rakabuming Raka saat menghadiri Rapimnas Golkar di kantor DPP Golkar, Jakarta Barat, Sabtu 21/10/2023 | Charlie Adolf Lumban Tobing/Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka, kembali bikin heboh jagat politik Indonesia. Di tengah perdebatan soal keabsahan pencalonannya di Komisi Pemilihan Umum (KPU), tiba-tiba muncul kabar kalau Gibran tak ‘merah’ lagi.

Kabar tersebut mencuat dari Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto. Dia bilang, Wali Kota Solo itu akan segera bergabung dengan Partai Golkar.

Bacaan Lainnya

“Kami sudah menerima telepon dari Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bahwa Mas Gibran ini di ‘kuningkan’, di Golkar-kan,” ucap Hasto usai membuka Rapat Koordinasi Daerah Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Nusa Tenggara Barat, di Mataram, Minggu, 5/11/2023.

Hasto bahkan menyebut, Gibran sudah mengirim surat pengunduran diri.

“Dipenuhi artinya, Gibran yang sudah pamit melalui Mbak Puan Maharani. Itu artinya pamit untuk dicalonkan dengan Partai Gerindra dan Golkar,” ujarnya.

Pernyataan Hasto dikuatkan dengan konfirmasi kehadiran Gibran di HUT Golkar ke-59 yang digelar di kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar, Jakarta Barat, Senin, 6/11.

Namun, Gibran sendiri membantah isu tersebut. Kata Gibran, ia sekedar datang saja. Tidak ada agenda kalau ia akan ‘menguning’ di sana.

Pernyataan serupa juga datang dari Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily. Sebagai Ketua Pengarah HUT Golkar ke-59, Ace mengaku kalau ia telah mengirimkan undangan kepada Presiden Jokowi, Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto, Gibran, dan para ketua partai Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Sejauh ini, kata Ace, belum ada pembicaraan tentang bergabungnya Gibran ke partainya. Untuk itu Golkar berharap, Gibran dapat segera merapat.

“Tentu kami berharap bahwa Mas Gibran bisa bergabung dengan Partai Golkar. Tetapi itu hak Mas Gibran sendiri untuk menentukan,” katanya kepada Forum Keadilan, Senin, 6/11.

Kepindahan Gibran ke Golkar juga dimentahkan oleh Ketua DPP Golkar Dave Laksono. Dave bahkan mengaku kalau ia tidak mengetahui kabar tersebut.

“Belum tahu apa-apa saya,” katanya.

Dari Gerindra juga begitu. Mereka meminta kabar menguningnya Gibran ditanyakan langsung pada yang bersangkutan.

“Nggak tahu, coba tanya ke Golkar. Mana kita tahu, itu urusan mereka, nggak tahu kita,” ucap Habiburokhman, Senin 6/11.

Ketika ditanya ada atau tidak andil Gerindra dalam mengarahkan Gibran ke Golkar, Habiburokhman tak mau berkomentar.

“Kita nggak ngerti, coba tanya ke Mas Gibran,” jawabnya singkat.* (Tim FORUM KEADILAN)