RK dan Khofifah Jadi Bahan Rebutan Dua Tim Pemenangan

Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo | ist
Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo | ist

FORUM KEADILAN – Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa diperebutkan oleh dua pasangan calon presiden. Baik kubu Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, maupun kubu Ganjar Pranowo-Mahfud MD berupaya meyakinkan RK dan Khofifah untuk masuk ke tim pemenangan mereka.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP Djarot Syaiful Hidayat sempat mengklaim bahwa partainya dekat dengan dua sosok yang sempat masuk bursa cawapres itu. Bahkan, kata Djarot, dirinya telah melihat sinyal masuknya dua orang tersebut ke Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud.

Bacaan Lainnya

“Sinyal-sinyalnya ternyata mau juga. Pak Ridwan Kamil itu kan dekat juga sama kami. Nah, kan bangun patung Bung Karno, gede banget sampai juga bangun di Maroko ya, luar biasa,” ucap Djarot saat menghadiri Dialog Ganjar Center di Gedung CM, Jakarta Timur, Senin 30/10/2023.

Begitu juga dengan Khofifah. Menurut Djarot, Khofifah punya kedekatan ideologis dan historis dengan partainya.

Gerindra yang saat ini tengah berkoalisi dengan Golkar, partainya RK, tak mau kalah. Wakil Ketua Umum (Waketum) Gerindra Habiburokhman yakin kalau Ridwan Kamil pun akan ikut bergabung dalam tim pemenangan Prabowo-Gibran.

“Belum diumumkan memang. Tetapi feeling saya pasti,” kata Habiburokhman saat ditemui di Gedung DPR RI, Rabu, 1/11.

Sedangkan untuk Khofifah, Habiburokhman mengatakan bahwa pihaknya akan terus berupaya melakukan lobi dan komunikasi. Ia menambahkan, kalau melihat gestur Khofifah, nampaknya Gubernur Jawa Timur itu mau menjadi salah satu bagian tim pemenangan Prabowo-Gibran.

“Pembicaraan pasti ada dan sudah ada yang berkomunikasi dengan beliau, kalau melihat gestur nya sih bagus,” ungkapnya.

Sementara, Golkar sendiri mengaku tidak mengetahui adanya kabar kedekatan RK dengan PDIP. Malah menurut Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono, RK telah menerima tugas untuk pemenangan Prabowo-Gibran.

“Kang Emil (RK) telah menerima tugas selaku panglima kemenangan Prabowo-Gibran untuk wilayah Jawa Barat, DKI Jakarta, dan Banten. Bahkan, telah membuat sejumlah program-program untuk memenangkan paslon ini,” ucap Dave kepada Forum Keadilan, Rabu, 1/11.* (Tim FORUM KEADILAN)