Rumah Firli Bahuri Digeledah, Eks KPK: Cari Barang Bukti

Ketua KPK Firli Bahuri | Ist
Ketua KPK Firli Bahuri | Ist

FORUM KEADILAN – Eks Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Yudi Purnomo menanggapi soal penggeledahan yang dilakukan tim penyidik Polda Metro Jaya di dua rumah yang diduga milik Ketua KPK Firli Bahuri.

Saat ini, Polda Metro Jaya tengah mengusut dugaan pemerasan yang dilakukan oleh pimpinan KPK Firli Bahuri kepada eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), kasus tersebut telah naik ke penyidikan. Penggeledahan tersebut dilakukan setelah Firli diperiksa di Bareskrim Polri.

Bacaan Lainnya

“Penggeledahan yang dilakukan penyidik Polda Metro Jaya tentu harus kita apresiasi, karena Polda telah bergerak cepat setelah melakukan pemeriksaan terhadap Firli kemudian melakukan penggeledahan terhadap rumah-rumah yang diduga milik Firli,” katanya, Kamis, 26/10/2023.

Yudi melanjutkan, penggeledahan dilakukan karena tim penyidik memiliki keyakinan bahwa di tempat tersebut akan ditemukan barang bukti terkait perkara yang sedang diusut.

“Sehingga dalam penggeledahan tersebut, penyidik tentu memiliki keyakinan ada barang bukti yang disembunyikan di tempat tersebut, sehingga kita berharap ada barang bukti yang ditemukan untuk memperkuat pembuktian atas dugaan pemerasan terhadap eks Mentan tersebut,” lanjutnya.

Yudi menyebut, saat penggeledahan, tim penyidik akan mencari barang bukti berupa dokumen, alat komunikasi, file, hingga uang yang diduga berhubungan dengan kasus itu.

“Intinya ketika penyidik melakukan penggeledahan maka ada keyakinan dari penyidik bahwa tempat-tempat yang digeledah itu disembunyikan barang bukti dan kita berharap yang saat ini sedang berada di di rumah tersebut kooperatif untuk mempersilakan penyidik menggeledah,” tutupnya.

Sebelumnya, sejumlah polisi menggeledah rumah Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri pada Kamis, 26/10. Penggeledahan dilakukan di dua lokasi, yakni di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, dan di Perumahan Villa Galaxy, Bekasi, Jawa Barat.

Penggeledahan di Bekasi dikonfirmasi oleh Ketua RT setempat, Rony Napitupulu. Diketahui kediaman di Bekasi ditempati oleh ibunda Firli.*

Laporan Merinda Faradianti