Pengertian Trust Issue dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi trust issue
Ilustrasi trust issue | ist

FORUM KEADILANTrust issue merupakan istilah untuk menggambarkan rasa sulit percaya dengan orang lain. Kondisi ini dapat ditunjukkan dalam berbagai bentuk sikap dan perilaku.

Tak selalu tentang hal percintaan, trust issue juga bisa dikaitkan dengan pertemanan, keluarga dan lingkungan kerja.

Bacaan Lainnya

Seseorang yang memiliki masalah kepercayaan cenderung sulit untuk memercayai perkataan orang lain dan sering merasa curiga terhadap niat mereka. Hal ini dapat membuat mereka merasa tidak nyaman saat berinteraksi atau berhubungan dengan orang lain.

Cara Mengatasi Trust Issue

Kepercayaan adalah elemen kunci dalam suatu hubungan. Agar terhindar dari dampak buruk trust issue dalam jangka panjang, berikut beberapa cara untuk mengatasinya.

1. Meningkatkan Kepercayaan Diri Sendiri

Sebelum membangun rasa percaya kepada orang lain, kita harus percaya pada diri sendiri terlebih dahulu.

Rendahnya rasa percaya diri dapat menjadi pemicu rasa putus asa dalam proses pengembangan, dan dapat berkontribusi pada terjadinya trust issue.

2. Membangun Rasa Percaya pada Orang Lain

Salah satu cara untuk mengatasi trust issue adalah membangun rasa percaya kepada orang lain, seperti teman, keluarga dan pasangan dengan perlahan.

Belajar memercayai orang lain dengan mulai memaafkan kesalahannya dan menerima hal baik yang mereka berikan terhadap kita.

3. Memperbaiki Komunikasi yang Baik

Ketika berupaya memperbaiki kepercayaan terhadap orang lain, penting untuk berkomunikasi tentang perasaan kita. Ini akan membantu orang lain lebih memahami bagaimana mereka dapat berinteraksi dengan kita, sehingga hubungan menjadi lebih sehat dan terhindar dari toxic.

4. Berkonsultasi

Jika mengalami kesulitan dalam menghilangkan trust issue, tidak ada salahnya melakukan konsultasi dengan ahlinya, seperti psikolog atau psikiater. Hal ini bertujuan untuk mengubah pola pikir dan fokus pada masalah.

Selain itu, juga membantu menjadi lebih percaya diri untuk membangun rasa kepercayaan terhadap orang lain.*

Laporan Sukma Cempaka