4 Cara Membangun Kepercayaan Diri Sendiri

Ilustrasi jadi diri sendiri
Ilustrasi jadi diri sendiri | ist

FORUM KEADILAN – Kebanyakan orang sering membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Namun, tanpa kita sadari itu akan dapat menjadi kesedihan dan tidak bersyukur hingga akhirnya mendorong kita untuk mengkritik diri sendiri.

Hal yang perlu kita ingat, semua orang berada pada kemampuan dan keahlian yang berbeda-beda. Kita sering menyalahkan diri sendiri, karena sesuatu yang tidak berjalan sesuai dengan keinginan.

Bacaan Lainnya

Jadi jika merasa sedang di tahap seperti ini, berikut cara membangun kepercayaan diri agar kamu bangga terhadap pencapaian dan menjadi diri sendiri.

1. Tidak Peduli Seberapa Besar atau Kecilnya

Dengan tidak peduli besar atau kecilnya suatu hal, yang terpenting kita melakukan dengan konsisten dan tidak mudah menyerah.

Konsisten akan membuat semakin fokus pada proses yang dilakukan, tanpa takut dengan hasil yang didapat.

2. Memberikan Reward Kepada Diri Sendiri

Setelah melakukan hal yang begitu penting untuk dilakukan, dengan itu perlu memberi sesuatu terhadap diri sendiri. Misalnya memberi kalimat positif untuk diri sendiri, memberi penghargaan diri akan membangun apresiasi bahwa dirimu itu berarti.

3. Gali Sisi Positif Dari Dirimu

Membandingkan diri sendiri dengan orang lain sebagai motivasi memang baik, namun terkadang tidak baik juga untuk mental kita.

Lebih baik jika mencari itu pada diri sendiri terlebih dahulu untuk menggali potensi diri.

4. Selalu Meningkatkan Rasa Syukur

Bersyukur menunjukkan bahwa merasa bangga dengan apa yang sekarang ada pada dirimu. Tanamkan pemikiran bahwa kelebihan atau kekurang kita sudah sesuai dengan porsinya masing-masing.

Hal positif dapat membawa ke arah yang lebih baik terlebih dalam karier, yuk hargai progres yang kamu lakukan dari hari ini hingga nanti.*

Laporan Sukma Cempaka