Penyebab Kaget Saat Tidur dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi kaget saat tidur
Ilustrasi kaget saat tidur | ist

FORUM KEADILAN – Anda mungkin pernah terjaga tiba-tiba dan merasa tubuh bergerak secara mendadak, seperti sedang jatuh dari ketinggian. Fenomena ini disebut dengan hypnagogic jerk atau hypnic jerk, yaitu gerakan tubuh yang terjadi tiba-tiba dan singkat saat tidur.

Ketegangan atau kecemasan yang berlebihan dapat menyebabkan seseorang mengalami perasaan terkejut saat tidur, atau bahkan melakukan olahraga terlalu dekat dengan waktu tidur dapat menjadi penyebabnya.

Bacaan Lainnya

Cara Mengatasi Kaget Saat Tidur

Anda dapat mengurangi kemungkinan mengalami perasaan terkejut saat tidur dengan mengadopsi gaya hidup yang lebih sehat. Berikut empat cara untuk mengatasi kaget saat tidur.

1. Kurangi Minuman Kafein

Kafein dengan takaran yang tepat sebenarnya baik untuk tubuh kita. Namun, jika terlalu banyak kafein justru membuat reaksi pada tubuh, salah satunya kaget saat tidur.

2. Atur Pernapasan

Mengatur pernapasan akan membantu tubuh menjadi lebih rileks. Ini dapat mengurangi ketegangan pada otot-otot dan meningkatkan aliran pernapasan menjadi lebih lancar.

3. Olahraga

Olahraga di malam hari tidak masalah jika dilakukan, tetapi turunkan intensitas olahraga agar tidak terlalu berat.

4. Rutinitas Sebelum Tidur

Menjalani rutinitas sebelum tidur dapat membantu kita merasa lebih tenang di malam hari. Ini termasuk menjalankan kegiatan yang ringan.

Meskipun kondisi ini sebagian besar tidak perlu dikhawatirkan, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter jika hal ini mengganggu tidur Anda setiap hari.*

Laporan Sukma Cempaka