Anies Baswedan Yakin Jokowi Netral di Pilpres 2024

Anies Baswedan
Anies Baswedan | Ist

FORUM KEADILAN – Bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan yakin jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan bersikap netral dalam Pilpres 2024.

Ia yakin Jokowi akan bertindak netral agar demokrasi tetap tinggi.

Bacaan Lainnya

“Ngggak lah. Beliau, kami yakin presiden akan bersikap netral, presiden akan menjaga agar kewibawaan proses demokrasi kita tetap tinggi dan keren kan kalau menang netral,” kata Anies pada Selasa, 24/10/2023.

Hal itu disampaikan Anies saat disinggung ada atau tidaknya kekhawatiran penggunaan fasilitas negara untuk Gibran yang akan menjadi bakal cawapres Prabowo Subianto.

Anies pun menegaskan jika Jokowi tak akan melanggar aturan demi membantu putra sulungnya, Gibran, di Pilpres 2024.

“Rasanya nggak (khawatir), semua media nonton, semua rakyat nonton, betul nggak? Sekarang semua orang jadi reporter. Bagaimana coba bisa menjaga semua yang sifatnya pelanggaran, takutnya apa? Pemberitaan,” ujarnya.

Sebelumnya, Jokowi telah merespons pertanyaan dari Ketua DPP PDIP Puan Maharani yang bertanya apakah Jokowi masih mendukung pasangan asal PDIP, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD atau tidak.

“Dukung semuanya untuk kebaikan negara ini,” kata Jokowi usai acara Hari Santri 2023 di Surabaya, Jawa Timur, seperti disiarkan YouTube Setpres, Minggu pada Minggu, 22/10.

Ia pun kembali menegaskan jawabannya.

“Dukung semuanya untuk kebaikan negara ini,” kata Jokowi menjawab apakah berarti dia mendukung Ganjar, Prabowo Subianto, dan juga Anies Baswedan.*