5 Cara Atasi Overthinking agar Hidup Lebih Tenang

Ilustrasi overthinking
Ilustrasi overthinking | Ist

FORUM KEADILAN – Overthinking atau kecenderungan untuk memikirkan sesuatu secara berlebihan memang kerap menyusahkan.

Pola pikir ini bukan hanya melelahkan, tapi juga dapat mengganggu aktivitas yang dilakukan.

Masalah ini biasanya dipicu oleh rasa cemas berlebihan atau kurang percaya diri. Mereka cenderung terlihat gusar dan gelisah karena selalu mencari jawaban dalam otaknya atas semua pertanyaan dari kekhawatirannya.

Kebiasaan seperti ini bisa berdampak pada munculnya masalah mental, seperti gangguan kecemasan. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengalihkan perhatian, menarik napas dalam-dalam dan menghadapi ketakutannya sendiri.

Berikut adalah cara untuk mengatasi overthinking yang bisa dilakukan.

  1. Alihkan perhatian

Fokus dalam memikirkan satu hal memang wajar. Namun, jangan sampai itu membuat Anda terlalu larut memikirkannya sampai tidak bisa berkonsentrasi ke hal lain. Mencari sesuatu yang bisa mengalihkan perhatian dari hal-hal yang kerap membuat stres ketika dipikirkan berlarut-larut. Kita bisa mengalihkan perhatian dengan cara menulis, berolahraga, melakukan hobi, atau melakukan hal lain yang membuat senang.

  1. Tantang Pikiran

Pikiran negatif memang menghanyutkan. Jadi, ketika kita mulai memikirkan hal buruk yang belum tentu terjadi, sadari pikiran negatif ini.  Belajarlah untuk mengenali dan mengganti kesalahan berpikir tersebut sebelum hal itu membuat kita stres.

  1. Tetapkan Batas Waktu

Berikan kerangka waktu tertentu pada diri untuk memikirkan keputusan atau masalah. Setelah waktunya habis, ambil tindakan, meskipun keputusannya belum sempurna. Menetapkan tenggat waktu dapat mencegahmu memikirkan hal yang sama tanpa henti.

  1. Fokus pada Solusi

Alihkan fokus dari terus memikirkan masalah menjadi aktif mencari solusi. Daripada membahas masalah yang sama berulang kali, salurkan energimu ke dalam brainstorming ide dan rencanakan langkah-langkah praktis untuk mengatasi masalah tersebut.

  1. Meditasi

Mempraktikkan teknik mindfulness dapat membantumu tetap fokus dan terhindar dari siklus berpikir berlebihan. Meditasi, latihan pernapasan dalam, dan metode relaksasi lainnya sangat bagus untuk membantumu menenangkan pikiran dan mencegahnya melakukan analisis yang berlebihan.*

 

Laporan Lulu Farha Chaerani