Mahasiswi Tewas di Mall Paragon Tinggalkan Surat, Ini 5 Tanda Orang Ingin Bunuh Diri

Ilustrasi depresi
Ilustrasi depresi | ist

Jika memiliki pemikiran untuk mengakhiri hidup, cobalah mengungkapkan apa yang dirasakan pada seseorang yang dapat dipercaya. Temui teman dan keluarga atau kunjungi psikolog untuk membantu dalam mengatasi pikiran tersebut.

FORUM KEADILAN – Mahasiswi Universitas Negeri Semarang (UNNES), NJW (20), ditemukan tewas di Mall Paragon Semarang pada Selasa, 10/10/2023.

Bacaan Lainnya

Korban ditemukan tewas sekitar pukul 17:30 dengan motif dugaan bunuh diri. Korban diketahui sebagai warga Candi Penataran, Kalipancur, Kecamatan Ngaliyan, Semarang, Jawa Tengah.

Saat olah tempat kejadian perkara (TKP), polisi menemukan beberapa identitas korban di antaranya KTP, kartu pelajar mahasiswa dan Kartu Indonesia Pintar.

Selain itu, juga ditemukan sebuah surat yang diduga merupakan surat wasiat. Surat tersebut ditulis dalam Bahasa Inggris dan berisi permintaan maaf.

Berikut isi surat tersebut jika diterjemahkan:

Ma, maaf karena tidak menjadi sekuat yang mama inginkan.

Aku punya hadiah untukmu, dikirim dari kostnya Hani. Aku berharap aku bisa memberikan itu sendiri kepadamu, maaf.

Terima kasih selalu memikirkanku, peduli kepadaku dan maaf jika aku selalu membuatmu sedih.

Aku mencintaimu, selalu.

Jangan lupa berdoa buat aku ya????

Sekali maaf nih, aku nyerah…

Berkaca pada kasus di atas, seseorang yang ingin mencoba bunuh diri kadang-kadang menunjukkan perilaku yang tidak biasa. Namun, tidak semua orang menyadarinya.

Untuk mencegahnya, sangat penting bagi kita memahami tanda-tanda bahwa seseorang mungkin ingin mengakhiri hidupnya.

Jika ada teman, keluarga, atau orang terdekat yang sedang mengalami depresi, sebaiknya kita tidak membiarkannya sendirian.

Terlebih, jika mereka menunjukkan sejumlah tanda berikut ini.

1. Merasa Tidak Mempunyai Harapan

Putus asa yang mendalam menjadi gejala paling umum pada seseorang yang mengalami depresi.

Tidak adanya harapan dapat mengakibatkan seseorang merasakan perasaan negatif dan kehilangan keyakinan pada hal-hal baik yang mungkin terjadi di masa depan.

2. Perasaan yang Tidak Beraturan

Ciri-ciri seseorang yang ingin mengakhiri hidup juga ditandai dengan perubahan suasan hati. Menanggung kesedihan dalam jangka waktu yang cukup lama dapat memicu depresi, yang sering kali menjadi penyebab utama timbulnya keinginan untuk bunuh diri.

3. Gangguan Tidur

Gangguan pada tidur menjadi salah satu tanda bahwa seseorang sedang mengidap gangguan mental. Apabila kondisi ini tidak segera ditangani, akan memperburuk mental dan justru memperkuat perasaan ingin bunuh diri.

4. Menyakiti Diri Sendiri

Perilaku ingin menyakit diri sendiri menjadi salah satu tanda seseorang ingin bunuh diri.

Orang yang ingin bunuh diri, tampak tidak perduli terhadap keselamatan dirinya sendiri maupun orang lain. Mereka juga tidak lagi ingin menghargai kehidupan yang dimilikinya.

5. Pikiran Bunuh Diri

Kebanyakan seseorang yang punya pikiran untuk bunuh diri akan memberikan tanda kepada teman, keluarga dan orang terdekatnya. Hal ini dapat berupa salam perpisahan atau surat wasiat bahwa mereka tidak akan bertemu lagi.*

Laporan Sukma Cempaka